Salin Artikel

Penerbangan Komersial Perdana ke Ngloram Tak Sesuai Rencana, Bupati Blora Minta Maaf

Bupati Blora, Arief Rohman membenarkan adanya pembatalan jadwal penerbangan perdana tersebut.

"Mohon maaf kita sebenarnya sudah siap untuk Jumat besok terbang perdana, tapi karena terkait dengan persoalan teknis tentang PCR dan sebagainya kita akan nego ulang," ucap Arief Rohman saat ditemui Kompas.com di Graha Larasati Blora, Kamis (28/10/2021).

Sebagai gantinya, Arief menerangkan maskapai Citilink akan melakukan penerbangan pada November bulan depan.

Pria yang akrab disapa Gus Arief ini mengaku pihak Bandara Halim Perdanakusuma sudah memberikan izin bagi Citilink untuk membuka jalur penerbangan ke Bandara Ngloram, Cepu.

"Terakhir komunikasi dengan Danlanud, yang kebetulan dari Blora, sudah memberikan lampu hijau untuk memberikan izin terkait dengan rute dari Halim ke Cepu," jelas dia.

Menurut politisi PKB tersebut, kendala terbesar batalnya penerbangan komersial perdana ke Ngloram karena syarat PCR bagi calon penumpang yang harganya sekitar Rp 300.000.

"Harapan dari masyarakat ya tidak harus PCR cukup rapid antigen, biar terjangkau biar orang ketika mau naik pesawat ini waduh sudah PCR, jadi ini mengurangi minat dan pasar, tapi kalau kembali ke rapid antigen ini saya kira minatnya akan baik sekali," terang dia.


Selain itu, adanya sejumlah Bandara di Jawa, seperti JB Soedirman dan Kertajati yang sepi penumpang menjadi atensi khusus agar Bandara Ngloram tidak senasib dengan bandara tersebut.

"Kita siapkan juga kira-kira dari Jakarta ke sini nanti yang terbang siapa, dari sini ke Jakarta yang terbang siapa, ini secara market sudah kita kaji lebih lanjut, termasuk dengan Pemda sekitar, Bojonegoro, Rembang, Tuban, Ngawi dengan Grobogan, ini akan kita sinergi untuk mendukung ini," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan menjelaskan terkait tertundanya penerbangan komersial perdana pada Jumat besok.

"Informasi dari Citilink sementara penerbangan perdana dipending dengan alasan komersil, jika ada informasi lebih lanjut akan diinformasikan," kata Ariadi kepada wartawan.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/28/114948678/penerbangan-komersial-perdana-ke-ngloram-tak-sesuai-rencana-bupati-blora

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke