Salin Artikel

Ada Kasus Covid-19 di Sekolah Bantul, Sultan HB X: PTM Tetap Lanjut

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tetap berjalan meski terdapat siswa positif Covid-19 di Kabupaten Bantul.

"PTM tetap lanjut, itu hanya kasus saja. Segera ditangani, jangan sampai jadi klaster, penanganan seperti isolasi," kata dia.

Menurut Sultan, penularan Covid-19 kepada anak bukan berasal dari sekolah.

"Tapi kan bukan sekolah, dari luar terbawa, yang penting cepat ditangani agar tidak jadi klaster. Namanya anak terus dolan (bermain) ya repot," kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (27/10/2021).

Sultan menyampaikan, perlu ada kajian lebih dalam terkait penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Kajian itu bertujuan untuk melihat dari mana penularan Covid-19 berasal.

"Menurut saya perlu dilihat, OTG itu dari luar atau dari sekolah. Kalau dari sekolah ya ditutup kalau dari luar ya segera isolasi," jelas Sultan.

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo menyampaikan, pemerintah daerah tetap melakukan testing dan tracing meski kewenangan sekolah di tingkat SMA/SMK berada di provinsi.

"Kita tetap melakukan testing dan tracing berkaitan dengan lingkungan sekolah. Siswa yang bertempat tinggal di Bantul, orangtua dan kontak erat," jelas Joko.

Disinggung soal kemungkinan melakukan tes secara acak, Joko menjelaskan, untuk sekarang ini fokus melakukan testing dan tracing terhadap kontak erat.

"Pertama yang kami kejar adalah pada kontak erat terlebih dahulu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya mengatakan, munculnya kasus Covid-19 di SMK Sedayu berawal dari salah satu keluarga terpapar Covid-19 di SD Sukoharjo, Sedayu.

"Diketahui ada 5 siswa dan satu guru di SMK Sedayu positif, sehingga ptm terbatas dihentikan. Tracing dilakukan hari ini dan besok, untuk seluruh siswa di Sedayu," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/142459678/ada-kasus-covid-19-di-sekolah-bantul-sultan-hb-x-ptm-tetap-lanjut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke