Salin Artikel

Sukmawati Soekarnoputri Akan Jalani Ritual Pindah Agama Hindu di Buleleng Bali

BALI, KOMPAS.com - Putri Presiden Pertama RI Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu di Kawasan Sukarno Heritage Bale Agung Singaraja, Buleleng, Bali, Selasa (26/10/2021).

Penanggung jawab acara yang juga Kepala Soekarno Center Arya Wedakarna mengatakan, pelaksanaan ritual tersebut bertepatan dengan ulang tahun Ke-70 Sukmawati Soekarnoputri.

"Kegiatan ibu Sukmawati untuk pindah ke agama Hindu itu dilaksanakan pada 26 Oktober di Singaraja, bertepatan dengan 70 tahun ulang tahun beliau," kata Wedakarna kepada Kompas.com, Sabtu (22/10/2021).

Wedakarna menyebutkan, persiapan pelaksanaan ritual pindah agama yang akan dilakukan oleh Sukmawati sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Kepindahan Sukawati dari Islam ke Hindu dilakukan dalam rangka mengikuti agama yang dianut neneknya sekaligus Ibu Soekarno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben yang merupakan warga asli Buleleng, Bali.

"Prosesnya sama seperti masyarakat biasa, ada proses upacara adat Sudhiwadani, disaksikan parisdha, dan juga tokoh-tokoh hindu, dan memang sangat terbatas dan menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Berdasarkan pengakuan Sukmawati, kata Wedakarna, ritual pindah agama itu sudah disetujui oleh seluruh keluarga Suekano. Termasuk Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra dan Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra.

Bahkan, tiga anak Sukmawati yakni, Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati, dan Muhammad Putra Perwira Utama telah merestuinya.

"Sudah dengan persetujuan putra putri beliau ada tiga orang, kemudian persetujuan keluarga bung karno, kakak kakak beliau, ibu mega, pak guruh, pak guntur," kata dia.

Ia menyebutkan, pihaknya telah menyebar undangan kepada seluruh keluarga besar Soekarno, Presiden Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Namun, ia belum bisa memastikan seluruh undangan hadir karena acara digelar secara terbatas dan sederhana.

Terpenting, lanjut dia, proses ritual pindah agama ke Hindu yang akan dijalani Sukawati bisa berjalan dengan lancar.

"Mungkin ini perjalanan spritual yang beliau jalankan sampaikan kemudian beliau memutuskan ke agama Hindu," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/23/222147578/sukmawati-soekarnoputri-akan-jalani-ritual-pindah-agama-hindu-di-buleleng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke