Salin Artikel

Gibran: Tiap Hari Saya Dapat Komplain Anak Kecil Kok Tidak Boleh Masuk Mal

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku setiap hari menerima keluhan warga terkait anak kecil tidak diperbolehkan masuk ke tempat wisata maupun mal (pusat perbelanjaan).

Diketahui, dalam Surat Edaran Wali Kota tentang PPKM Level 2 anak di bawah usia lima tahun belum diperbolehkan masuk ke pusat perbelanjaan maupun tempat wisata.

"Tiap hari saya itu dapat komplain warga anak kecil kok tidak dibolehin masuk Jurug (TSTJ), anak kecil kok tidak dibolehin masuk mal. Saya jelaskan anak kecil lebih riskan, makanya kita lindungi," kata Gibran ditemui di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/10/2021).

Belum diperbolehkannya anak di bawah usia 5 tahun masuk ke mal maupun tempat wisata karena untuk melindungi mereka dari penularan virus corona.

Sebab, jelas Gibran anak usia di bawah 5 tahun belum bisa divaksin Covid-19. Orangtua harus ekstra hati-hati melindungi buah hatinya dari virus corona.

Gibran juga mengingatkan orangtua untuk meningkatkan pengawasan prokes anaknya yang sudah mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka sekolah.

Hal tersebut dilakukan setelah ditemukannya puluhan siswa sekolah dasar (SD) di Solo terkonfirmasi Covid-19 pada Senin (18/10/2021).

"Orangtua diminta kesadarannya untuk monitor (prokes) anaknya. Biar bagaimana pun di sekolah kan hanya dua-tiga jam," ujar putra sulung Presiden Jokowi.

Sebelumnya, dari hasil evaluasi pembelajaran tatap muka ada 29 sekolah di Solo mulai dari jenjang SMP, SMA, SD SMK, MA dan MTs dilaksanakan pemeriksaan tes PCR.

Dari jumlah itu ditemukan ada puluhan siswa dan guru di 5 SD yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kelima sekolah itu antara lain, SD Kristen Manahan, SDN Mangkubumen Kidul, SDN Danukusuman, SD Al Islam Jamsaren, dan SDN Semanggi Lor.

"Dari 29 sekolah yang lima tadi ditemukan ada siswa yang positif. SD Kristen Manahan ada empat kasus, SDN Mangkubumen Kidul ada satu kasus, SDN Danukusuman ada dua kasus, SD Al Islam Jamsaren satu kasus dan SDN Semanggi Lor ada dua kasus," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/19/173602178/gibran-tiap-hari-saya-dapat-komplain-anak-kecil-kok-tidak-boleh-masuk-mal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke