Salin Artikel

Pelajar SMP di Kota Tegal Gelar Sholat Gaib untuk Korban Susur Sungai di Ciamis

TEGAL, KOMPAS.com - Puluhan siswa sekolah menengah pertama (SMP) Ihsaniyah Kota Tegal, Jawa Tengah, melaksanakan sholat gaib di masjid sekolah, Sabtu (16/10/2021).

Sholat gaib ini dilakukan untuk mendoakan 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, yang meninggal dalam kegiatan susur sungai pada Jumat (15/10/2021).

Wakil Kepala Humas SMP Ihsaniyah, Aziz Ma’ruf mengatakan, sholat gaib dilaksanakan usai menunaikan kegiatan rutin sholat duha dan puji-pujian.

"Sebelum beranjak dari saf, para siswa-siswi kami minta berdiri kembali untuk salat gaib. Kami sampaikan tujuannya untuk 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis yang meninggal dalam kegiatan susur sungai,” kata Aziz kepada wartawan, Sabtu.

Setelah sholat gaib selesai, dilanjutkan dengan mendoakan para korban, serta keluarga yang ditinggalkan agar diberi ketabahan, kekuatan, dan keikhlasan.

“Semoga para korban meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan ditempatkan di surga-Nya,” kata Aziz.

Aziz mengatakan, pihaknya juga ingin mengajarkan peserta didiknya untuk menumbuhkan rasa simpati dan empati terhadap sesama.

Selain itu, adanya peristiwa di Ciamis menjadi pelajaran bagi sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan.

"Mudah-mudahan peristiswa tersebut tidak terjadi lagi di kemudian hari. Manajemen risiko harus betul-betul diperhatikan pihak sekolah mana pun dalam menyelenggarakan kegiatan,” pungkas Aziz.

Salah satu siswa, Ghathfaan mengatakan, sudah semestinya sesama muslim untuk saling mendoakan.

“Doa kami menyertai teman-teman MTs Harapan Baru yang menjadi korban. Semoga diampuni segala dosa dan diterima Allah,” tutur Ghathfaan.

Diberitakan sebelumnya, sebelas siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tewas tenggelam akibat terseret arus sungai pada Jumat (15/10/2021).

Kejadian ini terjadi saat siswa melakukan susur sungai dalam rangka kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) Pramuka di Sungai Cileueur, Leuwi Ili Desa Utama, Kecamatan Cijeunjing, Ciamis, sejak Jumat pagi.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, air sungai tersebut sebenarnya cukup tenang.

Akan tetapi, pada Jumat siang, tiba-tiba ada arus kuat dari hulu.

Arus itu menyeret seluruh korban hingga tewas tenggelam. Jenazah para korban ditemukan tim penyelamat di muara sungai.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai. SAR gabungan menemukan para korban berada di sana, semuanya," ucapnya di lokasi kejadian, Jumat malam.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/16/162751578/pelajar-smp-di-kota-tegal-gelar-sholat-gaib-untuk-korban-susur-sungai-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke