Salin Artikel

Capaian Vaksinasi Masih Minim, Bupati Blitar Kejar Target 70 Persen hingga Akhir Oktober

Bupati Blitar Rini Syarifah mengungkapkan harapannya agar 100 persen warga di wilayahnya dapat segera menerima vaksin.

"Kita kalau bisa secepatnya 100 persen, karena Kabupaten Blitar ini ingin perekonomian kembali. Kalau tidak segera vaksin, kita tidak bisa bergerak," ujar Rini saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di halaman kantor Pemkab, Kamis (14/10/2021).

Rini menuturkan, berbagai pembatasan kegiatan dan mobilitas masyarakat telah membuat perekonomian di Kabupaten Blitar tersendat.

Salah satu dampaknya dirasakan oleh ribuan peternak ayam petelur yang ada di Kabupaten Blitar.

Rini menargetkan minimal 70 persen warga menerima vaksin dosis pertama hingga akhir Oktober mendatang.

"Kalau bisa semaksimal mungkin ya 70 persen sampai 75 persen," katanya.

Menurutnya, salah satu kekurangan vaksinasi di Kabupaten Blitar yakni rendahnya capaian vaksinasi di kelompok warga lanjut usia yang baru mencapai sekitar 24 persen dari 149.398 jumlah sasaran.

"Lansia hampir 30 persen, nanti kita upayakan jemput bola," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Surveilens dan Imunisasi Endro Pramono mengungkapkan keraguannya dapat mengejar target 70 persen capaian vaksinasi untuk dosis pertama hingga akhir Oktober.

Menurut Endro, saat ini beban sumber daya manusia untuk vaksinasi justru semakin berat karena sudah harus melakukan vaksinasi dosis kedua.

Pada saat yang sama, pihaknya harus mengejar target capaian vaksinasi dosis pertama.

"Ini perjuangan kita saat ini kan juga harus vaksinasi dosis kedua," kata Endro.

Selain faktor SDM, kata dia, kelancaran pasokan vaksin terutama vaksin Sinovac juga tidak memenuhi harapan.

"Kalau misalnya terus dapat kiriman vaksin seperti yang dari Koarmada II Surabaya ini ya mungkin bisa mengejar 70 persen," ujarnya.

Padahal, untuk mencapai target 70 persen dari sasaran, Satgas Covid-19 masih harus memberikan vaksin dosis pertama pada sekitar 13 persen dari sasaran atau 125.000 warga dalam dua pekan ke depan.

Meski demikian, menurut Endro, capaian vaksinasi Kabupaten Blitar sudah cukup bagus jika dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur dengan jumlah penduduk dan sasaran vaksinasi yang setara dengan Kabupaten Blitar.

Hingga Selasa (12/10/2021), dari 962.297 sasaran, sebanyak 56,3 persen telah divaksin dosis pertama, sedangkan dosis kedua telah menjangkau 32 persen.

Salah satu kelompok sasaran dengan capaian yang masih rendah adalah kelompok remaja usia 12-17 tahun dengan sasaran 107.165 orang, yaitu 10,9 persen untuk dosis pertama dan 6,7 persen untuk dosis kedua.

Kelompok sasaran prioritas, kelompok warga lansia dengan sasaran 149.398 orang, dosis pertama baru mencapai 24,6 persen dan dosis kedua 14,3 persen. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/14/230145178/capaian-vaksinasi-masih-minim-bupati-blitar-kejar-target-70-persen-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke