Salin Artikel

Cara Kota Madiun Melawan Covid-19, Buka Gerai Vaksinasi dan Masker Gratis di Pusat Keramaian

Untuk mencegah penularan Covid-19 di tengah keramaian kunjungan warga luar daerah, Wali Kota Madiun Maidi membukai gerai vaksin gratis di jantung Kota Pecel.

Gerai vaksin gratis berada di kawasan wisata sumber umis yang berada di samping Balai Kota Madiun, Jalan Pahlawan Kota Madiun, Jawa Timur.

Maidi mengatakan, gerai vaksin gratis itu sengaja didirikan di pusat keramaian untuk mempermudah wisatawan yang belum divaksin.

Pendirian gerai vaksin itu juga bertujuan mengejar capaian 100 persen vaksinasi Covid-19 di Madiun. Saat ini, capaian vaksinasi di Kota Madiun menyentuh angka 92 persen.

“Tempat ramai (pusat keramaian) di sinilah kita buka gerai vaksin. Yang belum silakan. Wisata ke Madiun ke sini bisa juga ikut vaksin,” ujar Maidi saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Menurut Maidi, pendirian gerai vaksin itu merupakan upaya Pemkot Madiun memutus mata rantai penularan Covid-19. Sehingga, warga yang datang ke Kota Madiun sudah divaksin dan menaati protokol kesehatan.

Tak hanya gerai vaksin, Pemkot Madiun juga menyediakan lima gerai masker gratis bagi warga yang memerlukan.

Selain itu, disiapkan satu pos khusus untuk melakukan tes cepat antigen bagi warga yang merasa sakit saat berkunjung di pusat keramaian Kota Madiun di Jalan Pahlawan.

“Jadi tidak ada alasan orang yang datang di Kota Madiun tidak memakai masker. Apalagi sepanjang jalan pahlawan ada lima gerai masker gratis,” ujar Maidi.


Maidi menambahkan, sepanjang Jalan Pahlawan, pemerintah juga menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dan sabun.

“Kalau ada orang kelihatan tidak sehat, kita ada pos antigen gratis. Jadi di sini (Jalan pahlawan) ada pos vaksin, pos antigen gratis dan masker gratis dan cuci tangan gratis,” jelas Maidi.

Bagi Maidi aneka fasilitas yang disedikan sebagai antisipasi dan mengingatkan warga tidak terlena kendati kondisi kasus Covid-19 di Kota Madiun melandai.

“Kondisi yang membaik ini jangan sampai memburuk lagi. Masyarakat harus sehat dan jangan sampai terlena. Dan semua antisipasi itulah kami lakukan,” jelas Maidi.

Khusus gerai vaksin gratis di pusat keramaian, Maidi memberikan 1.000 dosis dalam sehari. Warga yang ingin vaksin pun tak dibatasi, bisa untuk warga yang tidak memiliki KTP Madiun.

“Bebas untuk semua masyarakat. Kuotanya sehari 1000 orang,” kata Maidi.

Bagi yang ingin mendapatkan vaksin cukup membawa fotokopi KTP, usia di atas 18 tahun, sehat, tidak positif Covid-19, nomor ponsel, dan balpoin. Vaksin yang disediakan merek AstraZeneca.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/161856278/cara-kota-madiun-melawan-covid-19-buka-gerai-vaksinasi-dan-masker-gratis-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke