Salin Artikel

Kasus Covid-19 Melandai, Khofifah: Kita Sudah On The Right Track

BLITAR, KOMPAS.com - Usai memimpin doa di pusara Makam Presiden Soekarno di Blitar, Senin (11/10/2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pandemi Covid-19 sudah mereda.

Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama itu menyebut, hal itu ditandai dengan melandainya kasus Covid-19 di Jawa Timur.

Ziarah ke Makam Bung Karno itu dilakukan dalam rangka HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur yang akan jatuh pada Selasa (12/10/2021).

Menurut Khofifah, penanganan pandemi Covid-19 di Jawa Timur sudah menunjukkan keberhasilan ditandai dengan 32 kabupaten dan kota yang sudah masuk PPKM Level 1 berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan.

"Sebanyak 32 kabupaten-kota menurut asesmen Kemenkes sudah level 1. Tinggal 6 yang level 2," ujar Khofifah, kepada wartawan didampingi Ketua DPRD Jatim, pejabat TNI, Polri, Wali Kota dan Bupati Blitar.

Dalam sepekan terakhir, kata dia, jumlah kasus kematian akibat Covid-19 hanya ada tiga kasus.

"Mudah-mudahan terus melandai dan kematian nol. Ini artinya kebersamaan kita, sinergitas kita sudah on the right track," kata Khofifah.

Dukung uji coba PPKM level 1 Kota Blitar

Berkaitan dengan penetapan oleh Pemerintah Pusat terhadap Kota Blitar untuk menetapkan uji coba PPKM Level 1, Khofifah meminta agar program tersebut didukung sepenuhnya oleh pihak-pihak terkait.


"Kami sekarang di Bumi Bung Karno, yang oleh pemerintah dijadikan uji coba penerapan PPKM level 1 se-Jawa-Bali harus kami dukung dengan tetap prokes, percepatan vaksinasi," ujarnya.

Khofifah berharap berharap kabupaten dan kota lain di Jawa Timur dapat segera mengikuti jejak Kota Blitar.

Dengan melandainya kasus Covid-19, kata Khofifah, pemerintah akan segera mengikutinya dengan upaya untuk menggerakkan roda ekonomi.

Namun, ujarnya, pergerakan ekonomi yang berlangsung harus tetap dengan penetapan protokol kesehatan ketat dan terus melakukan percepatan vaksinasi.

"Harapan kami ketika terjadi pelandaian Covid-19 kami genjot, kita menggerakkan ekonomi kita," ujar dia.

Kegiatan ziarah Forkopimda Jawa Timur itu diikuti dengan pembagian 550 paket sembako kepada warga sekitar kompleks Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar. 

https://regional.kompas.com/read/2021/10/11/114848778/kasus-covid-19-melandai-khofifah-kita-sudah-on-the-right-track

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke