Salin Artikel

Sunoto, Atlet Sambo asal Blora Raih 2 Emas di PON XX Papua

BLORA, KOMPAS.com - Atlet sambo asal Blora, Sunoto, mampu meraih 2 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dua medali emas tersebut didapat dari kelas 71 kilogram dan best of the best.

"Kalau pas di kelas 71 kilogram itu lawan Papua, kalau best of the best-nya lawan Kalsel," ucap Sunoto, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Dengan dua medali emas yang digenggamnya, Sunoto berharap mampu berprestasi lagi di ajang olahraga berikutnya.

"Ya harapannya semoga bisa lebih berprestasi di tingkat yang lebih tinggi, di tingkat internasional, terus kemudian tahun depan bisa membawa tim Porprov Sambo Blora juara umum," kata dia.

Selain itu, atlet asal Desa Jepangrejo tersebut berharap mendapatkan atensi dari pemerintah daerah atas prestasi yang diraihnya pada ajang olahraga kali ini.

"Ya semoga bisa diapresiasi sama Bapak Bupati, kemarin kan Bapak Bupati menjanjikan atlet yang dapat emas bisa dijadikan PNS atau seperti apa," terang dia.

Sunoto yang juga seorang atlet Mix Martial Arts (MMA), mengungkapkan total ada 5 atlet Sambo asal Jawa Tengah yang ikut berpartisipasi dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Kalau yang berangkat ke Papua 4 orang cowok, 1 orang cewek. Alhamdulillah juara semua, yang dapat emas saya sama cewek satu, dan tiganya dapat perak," ujar dia.

Meskipun mampu menggondol dua medali emas, namun sayangnya medalinya tersebut tidak diikutsertakan dalam peringkat perolehan medali PON XX Papua.


"Soalnya masih eksibisi, jadi memang enggak dihitung di medali perolehan untuk tim," ujar dia.

Ketua Umum KONI Blora, Hery Sutiyono mengatakan, emas yang diperoleh Sunoto belum dapat menambah perolehan emas untuk kontingen Jawa Tengah.

"Medali ekshibisi tidak diperhitungkan dalam perolehan medali kontingen. Namun, harapan kami, di PON mendatang sambo sudah dapat dipertandingkan, Blora sendiri sudah siap membina atletnya," kata Hery.

Sekadar diketahui, pada event olahraga empat tahunan ini, Blora menyertakan sebanyak 10 atlet.

Mereka adalah Krisna Wahyu Permana (atletik-tolak peluru), Bektiningsih Prima Dian Fitri (atletik), Adith Rico (atletik), Adith Rici (atletik), Ardian Yulianto (atletik), Agustina Sari (panjat tebing), Berthdigna Devi (panjat tebing), M Yasin (angkat besi), Siti Nafisatul Hariroh (angkat besi) dan Irma Arunisa Iryanti (dayung).

Selain ke-10 atlet tersebut, Blora juga menyertakan atlet bela diri sambo, Sunoto, untuk berlaga di PON Papua.

Hanya saja cabang sambo tidak dipertandingkan secara resmi, melainkan partai ekshibisi.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/10/193156778/sunoto-atlet-sambo-asal-blora-raih-2-emas-di-pon-xx-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke