Salin Artikel

Jokowi Puji Rehabilitasi Mangrove di Taman Hutan Ngurah Rai Bali, Layak Ditiru Provinsi Lain

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi pengelolaan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove Tahura Ngurah Rai yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata, dan penguatan perekonomian.

"Model rehabilitasi mangrove seperti inilah yang ingin kita reaplikasi, kita copy, untuk program rehabilitasi mangrove di provinsi-provinsi yang lain," kata Jokowi di lokasi, Jumat.

Jokowi menyebut, keberadaan mangrove bisa melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, hingga memperbaiki kualitas lingkungan di wilayah pesisir maupun habitat daerah pantai.

Selain itu, hutan mangrove Tahura Ngurah Rai yang sudah ada sejak 2003 itu diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan, kepiting, dan hasil laut lainnya.

"Yang paling akhir bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," kata dia.

Selain itu, keberadaan Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai itu akan menjadi tempat yang diperlihatkan kepada pemimpin-pemimpin negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mendatang.

"Dan ini juga nanti mungkin akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-pemimpin G20 tahun depan," jelas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Bali dipercaya sebagai tuan rumah KTT G20 pada 2022. Sejumlah persiapan tengah dimatangkan untuk menyambut event akbar tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/08/145305078/jokowi-puji-rehabilitasi-mangrove-di-taman-hutan-ngurah-rai-bali-layak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke