Salin Artikel

Ridwan Kamil Dapat Kejutan Kue dari Ketua Umum PAN

Hal itu terjadi saat Ridwan menjadi pemateri dalam Workshop Nasional Dewan Pengurus Pusat PAN di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (5/10/2021).

Para kader PAN yang saat itu tengah mengikuti pemaparan, langsung berdiri sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun.

Doa untuk Ridwan juga dipanjatkan oleh semua kader yang dipimpin oleh Zulkifli.

"Enggak sangka para kader beri kejutan untuk saya. Satu-satunya partai yang merayakan ulang tahun saya, hanya PAN," ujar Ridwan Kamil yang baru berulang tahun ke-50 pada 4 Oktober 2021.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menekankan pentingnya sosial media dalam ranah pemerintahan dan politik.

Menurut Emil, disrupsi digital saat ini memaksa setiap orang untuk mengaplikasikan mesin digital dalam aktivitas sehari-sehari.

Dalam ranah politik, kader partai harus memahami bahwa kini informasi melalui media sosial paling efektif dikonsumsi masyarakat ketimbang melalui baliho.

"Digital dulu adalah pilihan, sekarang paksaan. Jadi kalau kader PAN tidak pakai medsos, itu sudah ketinggalan zaman, karena generasi baru kita tidak mengonsumsi informasi lewat baliho, tapi medsos," ujar Emil dalam keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Menurut Emil, generasi milenial merupakan konsumen politik potensial yang harus diperhatikan partai politik, termasuk dalam menyuarakan pemilu yang damai, aman dan kondusif.

"Contoh, mau nyoblos, Kang Bima Arya sebagai Wali Kota, mereka risetnya itu dari Google, YouTube, dan media sosial untuk mencari jejak digitalnya," kata Emil.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan, materi yang disampaikan Ridwan Kamil harus dijadikan inspirasi bagi para kader PAN.

"Saya jatuh cinta sama Kang Emil. Untuk itu, bagi kader semua, apa yang disampaikan Kang Emil harus jadi inspirasi, isinya ilmu semua untuk menambah wawasan," ujar Zulkifli.

Workshop Nasional DPP PAN digelar selama tiga hari.

Selain Gubernur Jabar, Menteri BUMN Erick Tohir juga turut mengisi rangkaian workshop termasuk sejumlah gubernur di Pulau Jawa.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/06/093442678/ridwan-kamil-dapat-kejutan-kue-dari-ketua-umum-pan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke