Salin Artikel

Kota Blitar Satu-satunya Daerah PPKM Level 1, Staf Ahli Menkes: Capaian Vaksinasinya di Atas 70 Persen

Jika merujuk enam indikator penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, semestinya bukan hanya Kota Blitar yang memenuhi syarat untuk menerapkan PPKM level 1. 

Namun Kota Blitar berhasil menjadi satu-satunya daerah yang masuk PPKM level 1 karena memenuhi dua indikator tambahan. 

Staf Ahli Menteri Kesehatan Monica Nirmala mengatakan, dua indikator tambahan itu adalah capaian vaksinasi secara umum dan kelompok lansia. 

"Pertama, vaksinasi secara keseluruhan di atas 70 persen dari sasaran. Kedua, vaksinasi lansia di atas 60 persen. Nah, Kota Blitar mampu memenuhi dua indikator tambahan ini," ujar Monica usai menemui Wali Kota Blitar Santoso, Selasa (5/10/2021).

Sementara untuk enam indikator yang dimaksud adalah tingkat transmisi Covid-19 yang meliputi jumlah kasus konfirmasi, jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit, dan jumlah kasus kematian akibat Covid-19.

Tiga indikator lainnya terangkum dalam indikator kapasitas respons yang meliputi jumlah testing, jumlah tracing, dan tingkat hunian rumah sakit.

Menurut Monica, Kota Blitar tidak hanya mampu memenuhi enam indikator tersebut tapi juga memenuhi capaian vaksinasi.

Saat ini, vaksinasi dosis pertama di Kota Blitar telah mencapai 97,27 persen dan dosis kedua 62,55 persen.

Sementara capaian vaksinasi kelompok lansia telah mencapai 66,47 persen untuk dosis pertama dan 51,83 persen untuk dosis kedua.

"Banyak daerah yang belum bisa mencapai dua indikator tadi khususnya yang lansia ya. Banyak daerah yang kesulitan menjangkau yang lansia-lansia ini," jelasnya.

Menurutnya, Kemenkes awalnya memang hanya menggunakan enam indikator tersebut, namun kini sudah menambahkan penilaian dua indikator tambahan terkait capaian vaksinasi.

Monica berharap daerah-daerah lain dapat segera menyusul prestasi Kota Blitar dan jumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 1 akan semakin bertambah.

Di sisi lain, selama kurun dua pekan ke depan bukan tidak mungkin Kota Blitar gagal mempertahankan statusnya di level 1 jika terjadi peningkatan jumlah kasus melebihi kriteria yang dipersyaratkan.

"Misalnya, kalau kasus naik lagi, angka kematian naik. Bisa saja Kota Blitar naik lagi ke level 2 atau 3 dan seterusnya," ujarnya.

Satgas Covid-19 Kota Blitar melaporkan nol kasus pada Selasa sore sehingga akumulasi kasus konfirmasi tetap sebanyak 6.972 atau 4,64 persen dari total populasi sebanyak 150.000 jiwa.

Kasus kematian tetap di angka 263 atau tingkat kematian hanya 3,77 persen.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/05/193921178/kota-blitar-satu-satunya-daerah-ppkm-level-1-staf-ahli-menkes-capaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke