Salin Artikel

55 Santri dan 1 Pengajar Positif Covid-19, Ponpes di Kabupaten Semarang Ini Hentikan Sementara PTM

KOMPAS.com - Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dihentikan sementara lantaran terdapat penularan Covid-19.

Sebanyak 55 santri dan seorang pengajar dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang Harun Al Rasyid menjelaskan, kegiatan PTM di ponpes itu dihentikan sementara sambil menunggu izin pelaksanaan secara tertulis dari Satgas Covid-19.

"Dari total 2.400 santri, yang sudah mengikuti PTM ada 1.800 santri. Kami berharap kasus dapat dilokalisir dan tidak ada lagi santri yang positif," ujarnya, Jumat (1/10/2021).

Harun mengatakan, saat ini, para santri maupun pengajar yang terkena Covid-19 dalam kondisi sehat.

"Seluruh santri saat ini kondisinya sehat, tidak bergejala dan tengah menjalani isolasi di Hotel Garuda Kopeng," ucapnya.

"Kemudian mereka empat orang menjalani karantina di Rumah Singgah Hotel Garuda Kopeng empat orang dan satu orang dijemput orangtuanya untuk perawatan," terangnya.

Kasus merebaknya Covid-19 di ponpes ini kali pertama dilaporkan pada Rabu (29/9/2021).

Usai adanya laporan tersebut, lantas dilakukan swab massal. Hasilnya, terdapat 56 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

"Ini menjadi perhatian bersama. Kemarin bersama Polri langsung kita lakukan penyemprotan, bagi masker, dan hand sanitizer," ungkapnya.

Dia juga menuturkan, komunikasi harus dijalankan secara intens, baik dengan ponpes maupun penyelenggara pendidikan lainnya.

"Edukasi terhadap penerapan prokes secara ketat juga harus terus dilakukan disamping upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Semarang," tandasnya.

Bupati Semarang diketahui sudah dua kali mengunjungi pondok pesantren itu untuk memantau berlangsungnya PTM di sana.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Ungaran, Dian Ade Permana | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/02/054500478/55-santri-dan-1-pengajar-positif-covid-19-ponpes-di-kabupaten-semarang-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke