Salin Artikel

Oknum Sekdes Kedapatan Tenggak Miras Saat Karaoke, Tak Sadar Sedang "Live Facebook"

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Seorang oknum sekretaris desa (Sekdes) berinisial JRK di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten kedapatan menenggak minuman keras (miras) saat sedang siaran langsung di Facebook.

Sontak videonya tersebut viral di masyarakat. Peristiwa itu terjadi pada akhir pekan lalu.

Dalam tayangan video berdurasi 31 menit itu, ada sejumlah pria yang minum-minum sambil karaoke di sebuah ruangan. Satu di antara pria yang terlibat, adalah oknum sekdes.

Video siaran langsung tersebut juga sempat disimpan dalam unggahan Facebook akun bernama Zhe Mocha, tapi kini sudah dihapus.

Namun video tersebut kadung viral dan sudah sampai ke Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang Doni Hermawan mengatakan, pihaknya sudah memanggil oknum sekdes tersebut, Selasa (28/9/2021).

"Kemarin sudah dipanggil, diklarifikasi, dia mengakui itu, kita juga sudah berikan sanksi," kata Doni dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (29/9/2021).

Doni mengatakan, yang bersangkutan sudah diberikan sanksi ringan dan surat teguran. Namun dia tidak menyampaikan detail sanksi tersebut.

Tapi kata dia, sanksi akan ditindaklanjuti oleh pihak kecamatan dan desa tempat dia bekerja.

"Kami sifatnya hanya menegur, nanti ditindaklanjuti oleh desa dan kecamatan seperti apa. Kewenangan pemberhentian dari kepala desa," kata Doni.


Selain kepada oknum tersebut, Doni juga memberikan surat teguran kepada pihak Kecamatan Cibaliung.

Doni juga mengatakan, terjadinya aksi siaran langsung sambil menenggak miras itu berawal oknum sekdes tersebut tengah karaoke seorang diri.

"Tiba-tiba datang teman-temannya, bawa minuman keras, minumlah mereka, sadar enggak sadar kerekam, lupa dimatikan," kata dia.

Kendati demikian, kata Doni, apa yang dilakukan oleh oknum sekdes tersebut tidak terpuji dan tidak patut dilakukan walaupun di luar hari kerja.

Dia juga meminta kepada para perangkat desa untuk bertindak hati-hati karena sebagai pelayan masyarakat akan menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/29/225203078/oknum-sekdes-kedapatan-tenggak-miras-saat-karaoke-tak-sadar-sedang-live

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke