Salin Artikel

Muncul Klaster PTM di Jepara, Bupati: Belajar Tatap Muka Kita Hentikan Dulu

JEPARA, KOMPAS.com - Sekolah tatap muka secara terbatas di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dihentikan menyusul munculnya klaster pembelajaran tatap muka (PTM) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Rengging, Kecamatan Pecangaan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, Pemkab Jepara pekan ini kembali menginstruksikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring untuk menekan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Belajar tatap muka untuk seluruh sekolah di Kabupaten Jepara kita hentikan dulu," kata Andi sapaan Bupati Jepara saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/9/2021).

Dikatakan Andi, Pemkab Jepara saat ini difokuskan untuk melakukan evaluasi berkaca dari klaster PTM di MTs Desa Rengging.

Pemkab Jepara tentunya tak mau kecolongan dengan bertambahnya kasus transmisi Covid-19 di sekolah lainnya.

Selain menjadi pembelajaran bagi setiap sekolah, orangtua pelajar juga dituntut untuk membiasakan disiplin protokol kesehatan di lingkungan keluarga.

"Kami akan melakukan evaluasi supaya tidak lagi terulang dan jika sudah terkendali PTM akan kembali digelar. Pihak sekolah selama ini terpantau sudah melaksanakan penerapan protokol kesehatan dengan baik," kata Andi.

PTM terbatas untuk seluruh jenjang SD, SMP, dan SMA sudah beberapa pekan lalu digelar di Kabupaten Jepara seiring dengan penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pemkab Jepara juga menggenjot program vaksinasi untuk pelajar secara bertahap.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 25 siswa dan 3 guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Rengging, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terpapar Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Moh Ali menyampaikan, kasus Covid-19 ini terungkap dari program vaksinasi pelajar yang digelar pekan lalu.

Saat itu, kata Ali, sebanyak 24 siswa diketahui tidak lolos skrining kesehatan.

Setelah dilakukan tes swab PCR, 18 siswa di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam perkembangannya, tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara kemudian melakukan tracing kontak erat.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/22/163345578/muncul-klaster-ptm-di-jepara-bupati-belajar-tatap-muka-kita-hentikan-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke