Salin Artikel

PPKM Ambon Turun ke Level 2, Wali Kota: Tidak Boleh Lengah

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon mengumumkan status penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Ambon dari yang sebelumnya level 3 menjadi level 2.

Penurunan status PPKM di Kota Ambon itu diumumkan langsung Wali Kota Ambon, Richhard Louhenapessy didampingi Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru di kantor Wali Kota Ambon, Selasa (21/9/2021).

“Sesuai data terakhir yang kami dapat kota Ambon sudah turun ke level dua,” kata Richard, saat memberikan keterangan pers, Selasa.

Richard mengaku, penurunan status PPKM di Ambon ini tentu akan membawa harapan yang besar bagi seluruh lapisan masyarakat di ibu kota Provinsi Maluku tersebut.

Dengan penurunan status PPKM di Ambon itu, maka aktivitas masyarakat khususnya di bidang ekonomi akan jauh lebih baik lagi.

“Ini satu yang sangat memberikan harapan besar kepada kami untuk beraktivitas secara baik tapi tidak boleh lengah, dengan status kami yang sudah di level dua dengan zona kuning dan tingkat scoring yang semakin baik tentu ini akan merubah kebijakan kami,” ungkap dia.

Salah satu kebijakan yang akan segera diambil kata Richard yakni pemberlakuan sistem tatap muka di sekolah.

Dia mengaku, setelah status PPKM di Ambon turun ke level 2 maka uji coba tatap muka di sekolah akan segera dilakukan dalam waktu dekat.


Adapun uji coba dilakukan dengan kapasitas siswa 50 persen setiap kelas.

“Kami akan uji coba PTM, jadi target sekolah kami akan pakai standar 80 persen bagi sekolah yang siswanya sudah divaksiansi karena tidak semua sekolah saya akan izinkan untuk TPM,” kata dia.

Richard menambahkan, ia telah melakukan rapat dengan seluruh kepala sekolah SMP di Kota Ambon terkiat rencana tersebut.

Ia juga mengaku saat ini sedang mempertimbangkan para guru yang belum mengikuti vaksinasi agar untuk sementara waktu tidak boleh ke sekolah untuk mengajari para siswa.

“Uji coba hanya untuk SMP dan untuk SD belum. Saya juga sedang pertimbangkan untuk guru yang belum vaksinasi agar untuk sementara tidak boleh ke sekolah, kami khawatir jangan sampai ada kasus terkonfirmasi positif nanti orangtua salahkan guru karena belum vaksinias,” ungkap dia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/09/21/171223278/ppkm-ambon-turun-ke-level-2-wali-kota-tidak-boleh-lengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke