Salin Artikel

Promosikan Wisata Danau Toba Aman, 20 Kapal Motor Konvoi Rayakan Harhubnas

Perayaan Harhubnas kali ini digelar di kawasan Danau Toba yang melibatkan 20 unit KM. 

Kapal kapal kayu itu melintasi perairan danau dengan rute pantai Pesanggrahan Parapat hingga perairan Danau Toba Ajibata Kabupaten Toba, Minggu (19/9/2021).

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) II Wilayah Sumut-Toba, Rijaya Simarmata mengatakan, selain memeriahkan Harhubnas, pihaknya sekaligus mempromosikan pariwisata Danau Toba yang lesu akibat pandemi.

Berwisata ke Danau Toba aman

Seremonial Harhubnas yang digelar pada Minggu, sekaligus menunjukkan bahwa pelayanan transportasi di Danau Toba khususnya kapal kayu untuk perjalanan wisata siap melayani pengunjung.

"Kita menunjukkan kepada publik bahwa pelayanan jasa kapal wisata di Danau Toba sudah siap dan laik melayani perjalanan wisata yang maksimal tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," ujar Rijaya menjelaskan.

Pihaknya juga memberikan life jacket dan Ring Buoy (Pelampung) kepada para KM.

Pada kesempatan ini, KM juga mempraktekkan formasi kapal di tengah danau di antaranya, radio, simbol dan sirine, kecepatan hingga kelaikan unit dan pelayanan crew kapal. Selain itu, atraksi manuver kapal oleh tim Polairud dan SAR juga digelar.

Kepala Unit Polairud Danau Toba, Ipda E Sitinjak memastikan kesiapan pihaknya dalam mendukung dan mengamankan kegiatan kepariwisataan di perairan Danau Toba.

"Wisatawan tidak perlu khawatir berwisata ke Danau Toba karena telah dilengkapi dengan tim dari Polairud dan SAR," ucapnya.


Pengunjung adalah raja

Ketua Koperasi KM Organisasi Pengusaha Sejenis (OPS) Marihat Permai, Ramjan Siallagan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BPTD Wilayah II Sumut Satpel Toba

"Kegiatan seperti ini membangkitkan serta menggairahkan komunitas kapal wisata tradisional Danau Toba," ucapnya.

Ia berharap kegiatan serupa dilakukan secara berkesinambungan. Pihaknya juga siap melibatkan diri dalam promosi wisata Danau Toba.

Siallagan juga mengajak pelaku wisata di Danau Toba agar lebih baik dalam melayani para wisatawan.

"Pengunjung adalah raja sehingga kita wajib memberi pelayanan maksimal, agar mereka nyaman dan betah di Danau Toba," ucapnya

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/122403778/promosikan-wisata-danau-toba-aman-20-kapal-motor-konvoi-rayakan-harhubnas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke