Salin Artikel

Aksara Bali Dibuatkan Papan Ketik Khusus, agar Mudah Dipelajari

Hal itu terungkap dalam Webinar bertema tema “Back To The Future: Peran Aksara Nusantara Pada Era Industri 4.0” yang diusung untuk memperingati Hari Aksara Internasional tiap 8 September.

Saat ini demi lelestarikan aksara daerah, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia melakukan digitalisasi aksara daerah, hingga mendaftarkan standar ISO dan SNI papan ketik dan fon sejumlah bahasa daerah ke Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Namun, upaya penerapan aksara daerah dalam kehidupan sehari-hari juga terus dilakukan. Misal yang dilakukan oleh akademisi Universitas Udayana Bali, Cokorda Rai Adi Pramartha.

Di Bali, Cokorda Rai mengembangkan papan ketik khusus untuk aksara Bali dan mendapat tanggapan baik dari pemerintah dan masyarakat.

Pembuatan produk ini merupakan jawaban atas tantangan dan peluang dalam pengembangan aksara Bali.

“Bukan hanya untuk orang-orang yang tinggal di Bali, mereka yang berada di luar Bali pun kini dapat belajar aksara Bali," kata dia melalui rilis ke Kompas.com, Sabtu (18/9/2021).

"Meskipun ada tantangan bahwa generasi muda Bali lebih menyukai bahasa Indonesia dan aksara Latin, pembuatan papan ketik dapat memberi peluang bagi siapa pun yang mau belajar aksara Bali."

"Lebih jauh, ini merupakan upaya agar komputer bisa mengenali teks beraksara Bali sehingga menghasilkan informasi yang tepat bagi pengguna,” pungkas Cokorda Rai.


Namun, aksara Bali belum terstandarisasi papan ketiknya. Saat ini standarisasi papan ketik aksara Bali sedang didaftarkan ke BSN.

Mayastria Yektiningtyas dari BSN mengatakan, pihaknya telah mengupayakan Persetujuan usulan program Nasional Perumusan Standar (PNPS) untuk beberapa aksara nusantara sebagai kebutuhan mendesak di tahun 2021.

“Kita banyak budaya, tapi tidak didokumentasikan. Jadi ini sebagai salah satu dokumentasi nasional. Di ISO internasional misalnya ada aksara Bali, tapi tidak ada keterangan bahwa itu aksara milik Indonesia. Agar menjadi milik Indonesia, maka harus tertuang dalam standar nasional Indonesia, selain untuk kebutuhan digitalisasi,” kata Mayastria.

Pengelola Nama Domain Indonesia sendiri mengaku akan terus fokus pada upaya digitalisasi aksara daerah, yang sudah dimulai dua tahun terakhir.

"Kami fokus mendukung aksara-aksara yang sudah terdaftar di UNICODE agar memenuhi standar ISO dan SNI, sehingga dapat diakui oleh dunia,” kata Shidiq Purnama, CRO Pengelola Nama Domain Indonesia.

"Namun mulai saat ini, paradigma tersebut akan ditujukan pada upaya penerapan dan pemanfaatan, yaitu bagaimana agar aksara nusantara ikut berperan dalam kemajuan teknologi, terutama di era industri 4.0,” pungkas Heru Nogroho, moderator webinar.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/18/152728678/aksara-bali-dibuatkan-papan-ketik-khusus-agar-mudah-dipelajari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke