Salin Artikel

Jatim Kini Berstatus PPKM Level 1, Khofifah: Tempat Wisata Dibuka, tapi Terbatas dan Bertahap

Status tersebut berdasarkan data assesment situasi Covid-19 tingkat provinsi dari Kemenkes RI per 14 September 2021 yang dirilis 15 September 2021. Sebelumnya berdasarkan asesmen  6 September 2021, Jatim masih berstatus PPKM Level 2.

"Jatim sudah turun level menjadi level 1, terima kasih semua pihak, bupati walikota dan forum pimpinan daerag yang selama ini bekerja keras menjaga daerahnya," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/9/2021) malam.

254 lokasi wisata di Jatim boleh buka kecuali wisata air

Status tersebut diikuti oleh sembilan daerah lainnya di Jatim yang juga turun level menjadi PPKM level 1. 

Daerah dimaksud adalah Situbondo, Sidoarjo, Pasuruan, Sidoarjo, Madiun, Lamongan, Kota Surabaya, Jember, Gresik, dan Banyuwangi.

Dengan status level tersebut, Khofifah menyebut sekitar 254 lokasi wisata di Jatim segera akan dibuka dengan proses bertahap dan terbatas.

"Bahkan sebagian dari 245 lokasi wisata saat ini sudah buka. Tapi khusus untuk wisata air belum boleh buka," terangnya.

Anak di bawah 12 tahun dilarang masuk

Proses bertahap dan terbatas kata dia sama dengan yang diterapkan di mall. Kebijakan larangan anak di bawah usia 12 tahun masih berlaku.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan, untuk menjaga status level 1 Jatim, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan di pusat-pusat keramaian seperti mall, pasar tradisional hingga fasilitas perhubungan agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Sesuai intruksi dari Kapolri, kami membentuk Satgas khusus untuk menjaga status Jatim tetap level 1," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/09/18/073703878/jatim-kini-berstatus-ppkm-level-1-khofifah-tempat-wisata-dibuka-tapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke