Salin Artikel

Kota Blitar Pilih Tunda Pembukaan Bioskop meski Berstatus PPKM Level 3

BLITAR, KOMPAS.com - Meski telah memberlakukan PPKM Level 3, Pemerintah Kota Blitar memilih untuk tidak mengizinkan bioskop buka lebih dulu.

Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, pihaknya berencana melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata namun tidak untuk bioskop.

"Untuk bioskop sementara belum boleh buka disini. Apalagi, kami belum masuk zona hijau," ujar Santoso, kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

Santoso menuturkan, meski Kota Blitar telah turun level PPKM-nya ke level 3 di mana uji coba pembukaan tempat wisata dan bioskop sudah diperbolehkan, namun Kota Blitar masih masuk kategori wilayah zona orange penyebaran Covid-19.

Artinya, lanjut Santoso, risiko penularan Covid-19 di Kota Blitar masih tergolong sedang.

Santoso mengatakan, pihaknya akan melakukan ujicoba pembukaan pelayanan bioskop jika Kota Blitar sudah berhasil masuk zona hijau.

Selain masih berada di zona oranye, kata dia, uji coba pembukaan pelayanan bioskop di Kota Blitar dinilai tidak mendesak.

"Jadi pertimbangannya tidak hanya levelnya (PPKM) tapi zonanya, karena belum masuk zona hijau. Lagi pula belum mendesak sih untuk Kota Blitar ini kalau bioskop," ujar Santoso.


Uji coba pembukaan Makam Bung Karno

Sebaliknya, Santoso mengatakan, pihaknya lebih memprioritaskan uji coba pembukaan destinasi wisata di Kota Blitar, terutama Makam Presiden Soekarno.

Salah satu pertimbangannya, kata Santoso, karena tuntutan masyarakat yang selama ini menggantungkan mata pencahariannya dari sektor penunjang pariwisata di sekitar Makam Bung Karno.

Mereka adalah ratusan keluarga yang terdiri dari pedagang suvenir, penjual bunga, jasa dokumentasi foto, penarik becak, pemilik homestay dan lainnya.

Santoso juga menggarisbawahi tingginya animo masyarakat untuk berkunjung dan berziarah ke Makam Bung Karno.

"Pelonggaran dalam perpanjangan PPKM level ini tidak kami ambil semua, tapi sedikit demi sedikit sambil kami pantau dan pastikan pelaksanaan protokol kesehatan. Jangan sampai seperti kabar itu, Wisma Atlit kabarnya mulai kedatangan banyak pasien lagi," ujar dia.

Karenanya, kata dia, untuk sementara pihaknya tidak mengizinkan uji coba pembukaan pelayanan bioskop meskipun hal itu diperbolehkan.

Santoso mengaku, telah memanggil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selaku pengelola Makam Bung Karno dan Istana Gebang, destinasi wisata utama Kota Blitar.

"Kemarin Kepala Dinas sudah dipanggil diajak ngomong. Silahkan (buka) yang penting kesiapannya, skema penerapan protokol kesehatannya bagaimana," ujar dia.

Santoso juga mengklaim bahwa rencana uji coba pembukaan Makam Bung Karno akan mensyaratkan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/121331678/kota-blitar-pilih-tunda-pembukaan-bioskop-meski-berstatus-ppkm-level-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke