Salin Artikel

Warga Sumedang di Lereng Perbukitan dan Pesisir Sungai Diimbau Waspada Bencana akibat Curah Hujan Tinggi

Pada musim penghujan potensi bencana alam seperti longsor, banjir, pergerakan tanah hingga pohon tumbang rawan terjadi di Kabupaten Sumedang.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang meminta warga, terutama yang berada di lereng perbukitan hingga di pesisir sungai untuk lebih waspada.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Dadang Sundara mengatakan, dari prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim hujan akan terjadi Oktober 2021.

Akan tetapi, pada awal September 2021 ini hujan sudah mulai mengguyur wilayah Kabupaten Sumedang.

"Memasuki musim penghujan kali ini, kami imbau warga Sumedang untuk meningkatkan kewaspadaannya. Terutama bagi warga yang bermukim di wilayah sekitar pesisir sungai, ataupun di lereng perbukitan," ujar Dadang kepada Kompas.com di Sumedang, Rabu (15/9/2021).

Dadang menuturkan, untuk mengantisipasi bencana banjir, BPBD Sumedang mengimbau warga untuk mulai membersihkan saluran air atau drainase di lingkungan masing-masing.

Potensi bencana banjir ini, kata Dadang, rawan terjadi di wilayah Sumedang kota, wilayah Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung.

"Kami juga sudah mengajak warga untuk bersama-sama memantau debet air di wilayah masing-masing. Terutama di wilayah langgana banjir. Sehingga ketika intensitas hujan tinggi warga dapat terhindar dari marabahaya akibat datangnya banjir," tutur Dadang.


Dadang menyebutkan, dalam mengantisipasi berbagai potensi bencana yang dimungkinkan terjadi, pihaknya telah intens melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait.

Sehingga, bisa menyiapkan diri untuk mengantisipasi berbagai potensi bencana yang akan terjadi.

"Kami juga sudah mulai menyiapkan sumber daya manusia atau relawan bencana dan menyiapkan peralatan pendukung sebagai kesiapsiagaan dalam upaya mengantisipasi bencana," sebut Dadang.

Dadang mengatakan, untuk potensi bencana pohon tumbang, pihak BPBD sudah melakukan inventarisasi pohon-pohon yang berpotensi tumbang karena dimakan usia.

"Kami sudah melakukan pendataan untuk pohon-pohon rawan tumbang di wilayah Sumedang sebagai upaya kesiapsiagaan. Tentunya, kami berharap Sumedang tetap aman dan dapat terhindar dari berbagai bencana alam pada musim penghujan kali ini," kata Dadang. A

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/113614978/warga-sumedang-di-lereng-perbukitan-dan-pesisir-sungai-diimbau-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke