Salin Artikel

Bocah SD Tewas Gantung Diri, Sempat Chat Temannya Sebelum Akhiri Hidup

KOMPAS.com - Seorang bocah yang masih duduk di sekolah dasar (SD) ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Rabu (8/9/2021).

Anak laki-laki berusia 12 tahun itu tewas akibat bunuh diri di kamar rumahnya, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Sleman Iptu Eko Haryanto mengatakan, jasad korban ditemukan oleh ayahnya.

"Korban ditemukan menggantung sekitar pukul 8 malam oleh bapaknya di dalam kamar korban. Menggunakan tali plastik yang biasa digunakan untuk menggantung lampu kamar," ucapnya, Kamis (9/9/2021).

Eko menjelaskan, 20 menit sebelum tubuh korban ditemukan, atau pukul 19.40 WIB, bocah tersebut sempat mengirim chat kepada teman perempuannya.

Di dalam chat tersebut, korban bercerita bahwa banyak orang yang memfitnah dirinya.

"Sebelumnya di-chat-nya, kenapa kamu? ya banyak orang yang memfitnah saya. Lha kenapa? Ya karena aku dekat kamu, karena kamu cantik," ujarnya.

Selain mengirim chat, korban juga sempat membuat status WhatsApp (WA).

"Membikin status intinya banyak orang yang memfitnah saya, mohon maaf ya cantik jarak kita semakin jauh nantinya," tutur Eko.

Beberapa jam sebelum bunuh diri, korban juga sempat bermain bersama teman-temannya di kamar.

"Sebelum kejadian, korban main sama temannya waktu Maghrib, main-main di kamar, terus temanya pamit," terang Eko.

Menurut Eko, korban memilih mengakhiri hidup diduga karena tertekan.

"Dugaanya menurut saya psikologis mungkin ya, tidak tahu penyebabnya apa, cuman di situ (chat korban) mengatakan banyak yang memfitnah saya," bebernya.

Ia menuturkan, korban merupakan anak terakhir dari tiga bersaudara. Selama ini, korban diasuh oleh ayahnya setelah ibunya meninggal dunia akibat kecelakaan.

Korban, kata Eko, tidak pernah cerita kepada ayah maupun kakaknya mengenai hal-hal apa saja yang dialaminya.

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri.

Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada. Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini: https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/hotline-dan-konseling/

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/10/064837478/bocah-sd-tewas-gantung-diri-sempat-chat-temannya-sebelum-akhiri-hidup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke