Salin Artikel

Momen Ibu Hamil Semringah Ikut Vaksinasi yang Digelar Kompas Gramedia di Gresik

GRESIK, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan dalam agenda vaksinasi yang digelar Kompas Gramedia Grup bersama Kalbe bagi pelajar, ibu hamil, dan warga umum di Balai Diklat PT Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Ketua Forum Komunikasi Daerah Kompas Gramedia Jawa Timur, Agnes Swetta Pandia mengatakan, vaksinasi ini juga hasil kolaborasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, PT Petrokimia Gresik, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) dan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair).

"Kami bekerja sama dengan Kalbe, melaksanakan agenda vaksinasi ini dengan sasaran untuk 1.000 orang. Dengan 20 persen dari itu untuk ibu hamil, sementara sisanya pelajar di atas 12 tahun dan warga umum," ujar Etta, sapaannya, di lokasi vaksinasi, Selasa.

Etta menjelaskan, pihaknya sengaja menyasar ibu hamil dan pelajar lantaran dari survei Balitbang Kompas kedua unsur tersebut masih minim mendapatkan vaksin.

"Dari survei Litbang yang sudah kami dilakukan, angka ibu hamil dan pelajar di Gresik yang sudah mendapat vaksin itu masih rendah. Padahal, sekolah-sekolah di sini kan sudah mulai PTM (Pembelajaran Tatap Muka)," ucap Etta.

Ia menjelaskan, vaksin Sinovac yang digunakan berasal dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, yang ketua umumnya adalah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Vaksin tersebut telah memenuhi ketentuan bagi ibu hamil dan pelajar. 

"Untuk tempat, kami berterima kasih kepada PT Petrokimia Gresik yang telah bersedia meminjamkan tempatnya. Sementara tenaga kesehatan, kami didukung kerjasama dengan Dinkes Gresik," tutur Etta.

Salah seorang peserta vaksinasi, Ariani (26), ibu hamil yang bertempat tinggal di Jalan Gubernur Suryo, Gresik semringah usai mendapatkan vaksinasi.

Ia mengaku bersyukur bisa menerima vaksin tersebut usai sempat khawatir karena sempat mendapat informasi jika ibu yang tengah hamil rawan terpapar Covid-19.

"Sebelumnya memang sempat khawatir juga, tapi begitu dapat penjelasan dari petugas kesehatan, saya kemudian tidak ragu ikut vaksinasi. Semoga setelah ini, saya dan bayi saya terlindungi dari Covid-19," kata Ariani.

Peserta ibu hamil yang lain, Ernawati (26) asal Kecamatan Manyar juga mengaku sudah mulai tenang setelah mendapatkan vaksinasi.

Meski sebelumnya sempat diliputi kekhawatiran, ia akhirnya memberanikan diri untuk menjalani vaksinasi pada hari ini.

"Usia kandungan saya ini mau menginjak delapan bulan. Terus terang saya juga sempat bingung sebelumnya, karena kandungan juga sudah mulai membesar," tutur Ernawati.

"Tapi setelah mendapat penjelasan tadi (dari tenaga kesehatan), kini saya sudah tenang dan tidak was-was lagi. Saya yakin, vaksin ini aman buat ibu hamil," tambah Ernawati.

Banyak Diminati

Sementara itu, Ketua panitia M Taufiq Zuhdi menjelaskan, target 1.000 orang sudah terpenuhi dari sebagian besar warga Kabupaten Gresik.

Bahkan, pihak penyelenggara mengatakan, antusias warga dalam mengikuti agenda vaksinasi kali ini cukup tinggi.

"Sebenarnya tadi juga banyak yang datang, bahkan lebih dari 1.000 orang yang kami targetkan. Tapi karena jumlahnya sudah ditentukan, maka kami mohon maaf jika tidak bisa lebih dari 1.000 orang," kata Taufiq.

Ia berharap bisa menggelar acara serupa untuk memberikan kesempatan bagi pihak yang belum menerima vaksin. 

Taufiq menambahkan, kendati saat ini kasus baru Covid-19 di Gresik dan Surabaya Raya terus melandai, warga diharapkan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), termasuk mengikuti vaksinasi.

“Gresik juga menjadi pilihan bagi Kompas Gramedia, karena sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur dan penyangga kota Surabaya. Kalau warganya sehat, maka ekonomi akan tumbuh,” ucap Taufiq.

Dalam agenda ini, sesuai misi untuk mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat, Kompas Gramedia juga akan memberikan donasi buku untuk perpustakaan binaan PT Petrokimia Gresik sebagai gerakan literasi #akubaca.

"Kami mendukung penuh agenda vaksinasi ini, karena ini bagian dari menuju herd immunity. Bagaimana kita berkolaborasi dan bersinergi, untuk saling support dalam penanganan pandemi Covid-19," tutur Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo.

"Apapun yang kita lakukan dan bermanfaat, maka ini akan kekal abadi. Selamat untuk Kompas Gramedia dan semua unsur yang terlibat, untuk sumbangsih yang diberikan atas digelarnya vaksinasi ini," tutur Gus Yani-sapaannya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/07/182417778/momen-ibu-hamil-semringah-ikut-vaksinasi-yang-digelar-kompas-gramedia-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke