Salin Artikel

Sebanyak 330 Anak di Medan Kehilangan Orangtua karena Covid-19

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan, sampai saat ini Pemkot Medan masih terus menelusuri dan mendata jumlah anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19.

"Ada 300 lebih, anak-anak, adik-adik kita yang jadi yatim, jadi piatu karena Covid-19," kata Bobby usai meninjau acara vaksinasi massal mahasiswa di Universitas Muslim Nusantara, Medan, Senin (6/9/2021).

Dia menyebutkan, Pemkot Medan saat ini tengah mengupayakan memberi bantuan untuk para anak yang kehilangan orangtua tersebut.

"Ini terus kita koordinasikan dengan Dinas Sosial mencari formulasi bagaimana kita memberikan bantuan dan perhatikan," kata Bobby.

Selain itu, Bobby Nasution meminta kepada pengurus Tim Penggerak PKK untuk ikut serta memberikan pendampingan secara psikologis terhadap anak yang meninggal dunia akibat virus mematikan itu.

"Terkhusus ibu-ibu PKK memberikan bantuan dan menyantuni secara material. Tapi, paling penting psikologisnya," kata suami Kahiyang Ayu itu.


Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumatera Utara mencatat sebanyak 494 anak dan balita di Sumut kehilangan orangtua karena terpapar virus tersebut.

Angka tersebut, kemungkinan akan bertambah. Mengingat Provinsi Sumut hingga saat ini, masih berjuang untuk melawan dan menekan penularan virus mematikan itu.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahamayadi menjelaskan Pemerintah Provinsi Sumut turun tangan dan hadir untuk memberikan bantuan kepada ratusan anak dan balita yang kehilangan orangtua karena Covid-19 tersebut.

“Tidak boleh kita diamkan anak-anak kita ini. Karena nyatanya tidak sedikit yang kehilangan orang tua," sebut Edy.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/200126178/sebanyak-330-anak-di-medan-kehilangan-orangtua-karena-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke