Salin Artikel

Bupati Banjarnegara Ditahan KPK, Ganjar Pranowo Sebut Cara Lawan Korupsi

KOMPAS.com - Kasus Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono ditangkap dan dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Di hadapan seluruh pejabat dan aparat sipil negara (ASN) di pendapa Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Ganjar menyebut salah satu cara memberantas dan melawan korupsi adalah dengan melakukan reformasi politik anggaran.

Reformasi itu, menurut Ganjar, bertujuan agar didapatkan anggaran untuk menaikkan tambahan penghasilan pegawai (TPP) supaya aparatur sipil negara (ASN) tidak melakukan korupsi.

"Ayo politik anggarannya digitalkan. Kalau sulit nanti kita dampingi. Semua harus elektronik. Saya juga mendorong semua pejabat melaporkan LHKPN. Wajib termasuk DPRD-nya," kata Ganjar saat menggelar rapat terbuka di Pendapa Pemkab Banjarnegara, Senin (6/9/2021).

Selain itu, lanjut Ganjar, Pemkab Banjarnegara harus menggandeng KPK untuk mencegah korupsi.

Ganjar mengatakan, Ppenangkapan Budhi Sarwono harus menjadi momentum bagi masyaraat Banjarnegara untuk menjadi lebih baik.

Ganjar sempat menantang para pejabat di Pemkab Banjarnegara soal komitmen melawan korupsi.

"Apakah panjenengan siap berubah atau tidak? Hentikan urusan pungli, gratifikasi dan korupsi. Setuju apa tidak?," tanya Ganjar kepada seluruh pejabat.

Ajakan orang nomor satu di Jateng itu disambut antusias oleh para peserta rapat.

Selain itu, Ganjar mengingatkan, penangkapan Budhi Sarwono tidak menggangu pelayanan kepada masyarakat.

"Saya pesan, ini tinggal sembilan bulan masa jabatan. Maka ini momentum untuk mereformasi diri. Layani masyarakat dengan mudah, murah dan cepat. Di dalam harus transparan, akuntabel dan berintegritas. Sikat semua pungli, nggak boleh ada lagi setoran-setoran," tegas Ganjar, Senin (6/9/021).

(Penulis: Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/163508578/bupati-banjarnegara-ditahan-kpk-ganjar-pranowo-sebut-cara-lawan-korupsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke