Salin Artikel

Ridwan Kamil Bangun Monumen Perjuangan Pahlawan Covid-19, Rencananya Diresmikan Jokowi di Hari Pahlawan

Monumen yang didedikasikan untuk garda terdepan penanganan Covid-19 yang telah gugur itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tepat di peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.

"Nanti akan diresmikan tanggal 10 November 2021 oleh Bapak Presiden. Suratnya akan dikirim, kalau tidak ada halangan, Pak Presiden akan ke Bandung mengapresiasi pahlawan Covid-19 di Indonesia," kata Gubernur, Jumat (3/9/2021), dikutip dari website Pemprov Jawa Barat.

Gubernur mengungkapkan, permohonan tersebut sudah disampaikan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan telah disetujui menjadi monumen perjuangan untuk pahlawan Covid-19.

Makna Monumen Gasibu

Emil menjelaskan, Monumen Gasibu yang berlokasi di seberang utara lapangan Gasibu, berbentuk dua portal yang merupakan simbol dari ketangguhan dan tumbuh.


Monumen perjuangan pahlawan Covid-19 ini mengandung pesan yakni jangan pernah melupakan sejarah khususnya pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Jadi itu satu pesan bahwa kami ‘jas merah’, tidak pernah sekali-kali meninggalkan sejarah," ucap Emil.

Mantan Wali Kota Bandung ini menjelaskan, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sudah banyak tenaga kesehatan dan dokter yang telah berpulang.

Salah satunya dokter yang menjadi peneliti vaksin Sinovac yang meninggal di Bandung.

"Saat ini Pemda Provinsi Jawa Barat tengah mempersiapkan semua aspek sebelum acara peresmian dua bulan mendatang. Dua bulan ini akan kita persiapkan, mudah-mudahan Presiden berkenan untuk hadir," ucap Emil.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/06/065646278/ridwan-kamil-bangun-monumen-perjuangan-pahlawan-covid-19-rencananya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke