Salin Artikel

Ganjil Genap di Bandung Mulai Berlaku, Ini Lokasinya

Sistem lalu lintas ganjil genap berlaku di lima titik keluar gerbang tol yang merupakan akses jalan tol masuk ke Kota Bandung.

Kelima gerbang tol itu yakni Gerbang Tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Muhamad Toha, dan Buahbatu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, jadwal ganjil genap di Bandung berlaku pada pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Kita siapkan personel gabungan baik dari Polri, TNI dan Dishub, sebanyak 467 personel dalam pelaksanaan ganjil genap, untuk kendaraan yang masuk ke Kota Bandung," kata Aswin Sipayung di Polrestabes Bandung, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/9/2021).

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKBP Rano Hadiyanto mengatakan, lima gerbang tol tersebut merupakan akses favorit bagi masyarakat luar kota untuk masuk ke Kota Bandung.

Selain itu, menurut dia, pelaksanaan ganjil genap hanya dilakukan pada akhir pekan, karena angka volume kendaraan yang masuk berpotensi meningkat pada hari-hari tersebut.

"Pada saat weekend kemungkinan lonjakan mobilitas itu cukup tinggi, sehingga kita bisa mengantisipasi dengan ganjil genap," kata Rano.

Pemberlakuan ganjil genap itu dilihat berdasarkan angka terakhir pada pelat nomor kendaraan.

Lalu, penerapan ganjil atau genap menyesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut.

"Misalnya besok ganjil, jadi hanya yang angkanya ganjil saja yang boleh masuk, misalnya angka ujungnya 1, 2, 3, 7, itu boleh," kata Rano.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/03/092354478/ganjil-genap-di-bandung-mulai-berlaku-ini-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke