Salin Artikel

5 Korban Longsor Kabanjahe Ditemukan, Warga Sekitar Diimbau Mengungsi

Longsor yang terjadi di Dusun Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, sendiri terjadi pada Kamis (26/8/2021) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Sembilan rumah tertimbun longsor. Selain lima korban tewas, juga ada empat korban selamat dari peristiwa naas itu.

Seluruh korban saat ini sudah dipindahkan ke RSU Kabanjahe. Korban tewas termasuk tiga balita.

Minta warga mengungsi

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo mengimbau kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan lokasi longsor untuk mengungsi ke wilayah yang lebih aman.

"Daerah yang masih rawan ini, kita imbau masyarakat supaya sementara jangan tinggal di sini dulu," kata Yustinus, seperti dikutip dari Tribun Medan, Jumat.

Yustinus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, termasuk warga setempat, yang telah membantu proses pencarian ini.


Penyebab longsor: hujan deras di Kabanjahe

Sebelumnya, Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol Diarma Munthe mengatakan pihaknya mendapat laporan peristiwa longsor tersebut mulanya sekitar pukul 22.20 WIB, Kamis.

"Kita mendapatkan laporan adanya peristiwa tanah longsor sekira pukul 22.20 WIB. memang dari kemarin wilayah Kabanjahe diguyur hujan deras," ujar Diarma, Jumat (27/8/2021).

Dari peristiwa tersebut, diketahui sebanyak empat rumah yang berada di bawah bibir tebing tertimbun material longsor berupa tanah.

Selain itu, sebanyak sembilan orang yang berada di dalam rumah tersebut ikut tertimbun tanah.

Tingginya intensitas hujan yang terjadi sepekan terahir mengakibatkan potensi longsor masih sangat tinggi, warga di imbau untuk tetap waspada terlebih warga yang tinggal di wilayah tebing dan lokasi rawan longsor.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Lima Orang Tewas Akibat Longsor di Kabanjahe, Polisi Minta Warga Sekitar Mengungsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/27/144909778/5-korban-longsor-kabanjahe-ditemukan-warga-sekitar-diimbau-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke