Salin Artikel

Ada di Kota Jayapura, Kampung Perbatasan RI-PNG Ini Belum Terjangkau Internet

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kampung Skouw Mosso di Distrik Muara Tami, Papua, tak berjarak terlalu jauh dari kota Jayapura.

Hanya perlu waktu sekitar 1 jam untuk menuju ibu kota provinsi itu menggunakan akses darat.

Meski jaraknya tak terlalu jauh, kampung yang memiliki garis perbatasan langsung dengan Papua Nugini ini ternyata belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Kepala Kampung Skouw Mosso, Agus Wepafao mengaku tak ada jaringan telekomunikasi selama bertahun-tahun di desanya.

"Ya, memang di kampung kami ini tidak ada jaringan seluler ataupun internet sudah bertahun-tahun. Tidak ada pemancar atau tower Telkomsel," ujar Agus di Jayapura, Kamis (26/8/2021).

Selama ini, kata Agus, warga Skouw Mosso harus keluar kampung untuk mengakses jaringan telekomunikasi.

"Ya mestinya harus dipasang satu pemancar di kampung kami agar bisa berkomunikasi. Nanti orang bilang apa? Kami tetap begini terus, padahal dekat dengan ibu kota Provinsi Papua," cetus Agus.

Di Kampung Skouw Mosso, sambung Agus, terdapat 180 kepala keluarga yang sebagian besar memiliki hubungan keluarga dengan masyarakat Papua Nugini. Di lokasi tersebut hanya terdapat satu sekolah dasar negeri.

Kondisi tersebut pun disoroti oleh Anggota DPR Papua, Mustakim.

Menurut dia, seharusnya Kampung Skouw Mosso yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini, menjadi salah satu yang diprioritaskan pemerintah untuk mendapat jaringan telekomunikasi.

Terlebih lokasinya tidak jauh dari pusat pemerintahan, namun warganya seperti terisolasi dari kemajuan zaman. Politikus Partai Demokrat itu membandingkan dengan kondisi di wilayah pegunungan yang justru ada sinyal telekomunikasi.

"Rakyat yang ada di Kampung Skouw Mosso itu adalah rakyat kita juga, karena itu pemerintah juga wajib memperhatikan, sama dengan warga masyarakat di kota dan daerah lainnya," kata Mustakim.

Manager Network Service Telkomsel Jayapura, Heri Suryanto menjelaskan, Telkomsel pada tahun ini sempat berencana menghadirkan jaringan telekomunikasi di Kampung Skouw Mosso.

Hanya saja, ada kendala geografis yang dihadapi sehingga rencana tersebut harus diurungkan.

"Kemarin kita mau pasang combat di situ tapi tidak los, dalam artian tinggi combat itu tidak bisa tembus, ada bukit di situ," terangnya.

Namun Heri menyatakan telah membangun komunikasi dengan Pemerintah Kota Jayapura dan mencari solusi untuk menyediakan layanan telekomunikasi di Kampung Skouw Mosso.

"Kita sudah ngobrol dengan Pemkot Jayapura, terakhir dari Pemkot berencana membangun empat titik (tower) dari Mosso sampai ke perbatasan Skouw," kata dia.

Kendati demikian, dia belum mengetahui kapan rencana tersebut akan direalisasikan.

Heri menegaskan, kini sudah ada beberapa mekanisme yang bisa dipakai untuk menghadirkan jaringan telekomunikasi di daerah pelosok, salah satunya menggunakan Telkomsel Bhakti.

"Kajian teknisnya sudah kita kasih Pemkot, tapi skema apa yang akan digunakan saya belum tahu," kata Heri.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/26/144844378/ada-di-kota-jayapura-kampung-perbatasan-ri-png-ini-belum-terjangkau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke