Salin Artikel

200 Stan di Pasar Kembang Surya Terbakar, PD Pasar Surya Siapkan Tempat Relokasi

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku akan berkoordinasi dengan jajaran direksi PD Pasar Surya untuk penataan Pasar Kembang setelah insiden kebakaran itu.

"Kemarin sudah dipadamkan, sekitar 40 menit selesai dan tidak ada korban jiwa. Sehingga ke depan kami akan koordinasi dengan PD Pasar untuk penataan," kata Eri di halaman Balai Kota Surabaya, Senin (23/8/2021).

Meski demikian, Eri menginginkan agar para pedagang yang terdampak kebakaran ini tetap bisa berjualan. Oleh karena itu, saat ini jajaran direksi PD Pasar Surya tengah menyiapkan sejumlah langkah komprehensif.

"Saat ini masih diurus PD Pasar Surya," kata dia.

Di tempat terpisah, Humas PD Pasar Surya Zaini mengaku masih menunggu hasil Laboratorium Forensik (Labfor) Polrestabes Surabaya terkait penyebab kebakaran Pasar Kembang.

Selain itu, PD Pasar Surya berupaya agar para pedagang ini tetap dapat berjualan.

"Kita sementara menunggu labfor untuk identifikasi penyebab kebakaran. Setelah ini kita menentukan langkah-langkah teknis keberlangsungan pedagang, supaya tetap berjualan di pasar," kata Zaini.

PD Pasar Surya sedang mendata kerugian yang diderita para pedagang. Selain itu, sejumlah lokasi dipertimbangkan sebagai tempat relokasi sementara untuk pedagang yang terdampak.

"Sementara jumlah kerugian kita masih mendata. Konsentrasi kita adalah bagaimana perekonomian tetap jalan, pedagang dapat berjualan kembali. Dan, kemungkinan akan kita relokasi atau carikan tempat untuk penampungan sementara," ungkap dia.


Lokasi relokasi yang dipertimbangkan seperti Pasar Babakan, Pasar Tambak Rejo, dan lantai satu Kantor PD Pasar Surya.

Sebelum direlokasi, PD Pasar Surya akan menyosialisasikannya kepada para pedagang yang terdampak.

"Ada tiga alternatif yang diwacanakan. Di (lantai satu) Kantor PD Pasar Surya itu kita juga punya ruangan luas, dan Insya Allah mampu menampung seluruh pedagang (Pasar Kembang) lantai dua," jelas dia.

Setidaknya, terdapat 200 stan pedagang yang terbakar pada Minggu (22/8/2021).

Namun, jumlah pedagang yang terdampak di bawah 200 orang karena satu pedagang bisa memiliki dua hingga tiga stan.

"Kita masih akan diskusikan kembali dengan para pedagang terkait jam operasional. Apakah jam operasional pedagang itu mengikuti jam operasional di tempat relokasi nanti. Apakah bisa buka malam atau pagi sampai sore," ucap dia.

Sebelumnya, salah satu pasar tradisional yang menjual jajanan pasar di Jalan Pasar Kembang Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/8/2021), terbakar.

Akibat insiden kebakaran tersebut, setidaknya ada 200 stan los pedagang di lantai dua yang terdampak.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/23/194805078/200-stan-di-pasar-kembang-surya-terbakar-pd-pasar-surya-siapkan-tempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke