Salin Artikel

Sumedang PPKM Level 4, Bupati: Seharusnya Status Sudah Turun

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyesalkan pemerintah pusat masih mengategorikan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Padahal, hasil kajian pemerintah provinsi, Kabupaten Sumedang saat ini seharusnya sudah berada pada PPKM Level 3.

"Karena Sumedang berada di wilayah algomerasi Bandung Raya dengan tingkat mobilitas tinggi, makanya tetap berada di level 4. Padahal saat ini seharusnya sudah level 3," ujar Dony kepada Kompas.com di SMPN 4 Sumedang, Rabu (18/8/2021).

Oleh karena itu, kata Dony, pihaknya akan mengusulkan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, agar dalam menentukan level PPKM tingkat kabupaten ini mengacu pada kasus di tingkat kecamatan.

Jadi, kata Dony, bila alasan pemerintah pusat menetapkan Sumedang tetap berada di level 4 karena algomerasi Bandung Raya ini, maka tidak satu kabupaten yang dikategorikan masuk level 4.

"Yang masuk Bandung Raya itu kan hanya beberapa kecamatan. Jatinangor, Cimanggung, Sukasari, jadi seharusnya hanya kecamatan yang masuk algomerasi Bandung Raya itu yang tetap level 4," tutur Dony.


Sementara untuk kecamatan lainnya, kata Dony, dengan kasus Covid-19 yang melandai, tingkat kesembuhan tinggi dan indikator lainnya telah baik, dapat memberlakukan PPKM Level 3.

"Usulan ini akan saya sampaikan kepada Pak Gubernur. Jadi nanti, tidak semua (26 kecamatan) memberlakukan PPKM Level 4," sebut Dony.

Dony menambahkan, warga diharapkan tetap bersabar dengan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sehingga Kabupaten Sumedang bisa segera mencapai Level 2.

"Protokol kesehatan harus terus dilaksanakan secara disiplin. Kami juga terus mempercepat vaksinasi agar cepat terbentuk herd immunity. Selain itu, fokus melakukan 3T, tracing, tracking, dan treatment. Dengan berbagai upaya ini kami berharap aktivitas sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat bisa kembali normal," kata Dony.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/153916378/sumedang-ppkm-level-4-bupati-seharusnya-status-sudah-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke