Salin Artikel

KM Bukit Sumber Poleang Terbakar di Sultra, Semua Penumpang dan ABK Selamat

BOMBANA, KOMPAS.com – Sebuah Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang terbakar di perairan Dusun Tanjung, Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/8/2021). 

Semua penumpang dan anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan nelayan desa setempat. 

“Total penumpang dan ABK berjumlah 34 orang. Semuanya dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi di Desa Mapila, Kabupaten Bombana,“ kata Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi kepada wartawan, Senin.

Peristiwa ini bermula sekitar pukul 11.00 Wita, KM Bukit Sumber Poleang berangkat meninggalkan Pelabuhan Sikeli dengan tujuan Pelabuhan Kassipute, Kabupaten Bombana. 

Sekitar pukul 12.00 Wita, seorang koki melihat api di belakang dan langsung membesar. Diduga api berasal dari kamar mesin. 

Seketika ABK kapal langsung membagikan pelampung kepada semua penumpang. 

Para penumpang kemudian langsung lompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Masyarakat Dusun Tanjung, Desa Mapila, yang melihat kapal terbakar sekitar 3 mil dari bibir pantai segera menyelamatkan para penumpang dan ABK. 

“Semua penumpang dan ABK sekitar pukul 12.35 Wita berhasil dievakuasi dengan perahu nelayan ke rumah warga Dusun Malandahi, Desa Mapila, untuk didata secara fisik sesuai manifes,” ujar Aris.

Saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Kabaena dengan meminta keterangan ABK.

“Semua penumpang dan ABK pukul 13.00 Wita selesai didata. Kondisi mereka saat ini sehat dan menunggu jemputan dari pihak keluarga masing-masing,” ucap Aris. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/171338778/km-bukit-sumber-poleang-terbakar-di-sultra-semua-penumpang-dan-abk-selamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke