Salin Artikel

Dugaan Pungli Oknum Polisi dan Sekuriti di Pasar Caringin Bandung, Berawal dari "Curhat" Sopir Kontainer di Medsos

Pemilik akun Angga Dinata itu menceritakan dalam laman Facebook Bandung Info, bahwa pelaku pungli diduga dilakukan oknum polisi hingga security.

Pungli ini menyasar para sopir kontainer yang mengantarkan barang ke pasar tersebut.

"Saya masuk pintu masuk pertama pasar Induk Caringin diminta UANG PARKIR Rp.415.000. Pintu masuk kedua, dipinta lagi Rp.270.000. Nah, pas bongkar tiba-tiba ada polisi datang minta yang ke saya Rp 100.000, bilangnya uang cas apalah saya ga tahu," tulis Angga dalam laman Facebook Bandung Info yang dilihat Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Sopir kontainer sempat adu mult dengan oknum polisi yang minta pungli

Angga mengaku sempat adu mulut dengan oknum polisi tersebut, namun oknum mengancam menahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) nya, ia pun akhirnya memberikan uang.

"Mau tidak mau saya laporan sama yang punya toko, dikasihlah yang Rp.100 ribu itu. Polisi mah harusnya mengayomi masyarakat, bukan kaya jagoan pasar, ngetok-ngetok mobil minta uang," tulis Angga.

Usai menurunkan barang, seorang sekuriti pasar mendatangi Angga dan meminta sejumlah uang.

Sekuriti pasar juga minta "jatah"

"Nah, pas sudah kelar bongkar, saya mau ke luar di hampiri security pasar. Dia minta lagi Rp 50.000. Ya, Allah ada apa ini sebenarnya banyak sekali pungli," ucapnya.

"Tolong Pak Ridwan Kamil ZA diusut masalah ini pak, bukan saya saja yang kena, yang lain juga kena. Saya mewakili supir lain pak masuk pasar itu," tambahnya.


Menurut Angga, ia mengeluarkan uang kurang lebih Rp 1 juta hanya untuk masuk pasar tersebut.

"Semua pengeluaran hampir Rp.1 juta untuk masuk pasar itu pak, tolong diusut pak," tambahnya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Rudi Trihandoyo mengatakan, pihaknya mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan.

"Dalam proses lidik, mohon waktu," kata Rudi, melalui pesan singkatnya, Senin. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/125607378/dugaan-pungli-oknum-polisi-dan-sekuriti-di-pasar-caringin-bandung-berawal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke