Salin Artikel

Satu Blok Kios di Pasar Ciawi Tasikmalaya Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 3,2 Miliar

Kejadian kebakaran satu blok di pasar ini kali pertama terjadi setelah 29 tahun beroperasi yang seluruhnya terdapat 532 kios dengan lapak PKL di depannya berjumlah 70 tempat.

"Yang terbakar 35 kios dan ada los PKL sekitar 20-an lah," jelas Helen kepada wartawan di lokasi kejadian, Senin (16/8/2021).

"Nanti fakta di lapangan sekarang kita data ulang. Kerugian total kurang lebih Rp 3,2 miliar. Yang asli riil-nya habis berapa juga baru kita data sekarang," lanjutnya. 

Helen menambahkan, blok pasar yang kebakaran tersebut terdiri dari beberapa kios dengan berbagai macam jenis dagangan seperti ada toko emas, pakaian, kelontongan, komestik dan makanan.

Sampai sekarang pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran dan enggan berspekulasi atau berandai-andai dugaan sampai terjadi kebakaran tersebut.

"Dugaannya saya belum tahu ya, dan tak mau berspekulasi Pak. Kami ke sini sudah terbakar soalnya," tambah Helen.

Termasuk sejak malam tadi, lanjut Shohet, anggota Kepolisian bersama seluruh pedagang kios untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di lokasi kebakaran.


"Hasil koordinasi dengan Kapolsek Ciawi dan pengurus pasar, pascaperistiwa kebakaran ini tak kita biarkan begitu saja," kata Shohet.

"Tetap kita akan lakukan pengamanan gabungan baik dari TNI, Polri maupun pengurus pasar."

"Saat ini dapat kita lihat api secara keseluruhan sudah berhasil dipadamkan. Namun berdasarkan keterangan dari dinas terkait, kebakaran ini masih tahap pendinginan," tambah Shohet.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Kawasan Pasar Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, pada Minggu (15/8/2021) sore kemarin.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB, Minggu sore, setelah dikerahkan 7 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Tasikmalaya, BPBD dan bantuan Pemkab Ciamis, Jawa Barat. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/094811678/satu-blok-kios-di-pasar-ciawi-tasikmalaya-ludes-terbakar-kerugian-ditaksir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke