Salin Artikel

PPKM Level 4 di Ende, Warga Swab di Tempat, Hasilnya Positif Covid-19

ENDE, KOMPAS.com - Aparat gabungan TNI-POLRI mulai menyekat tiga titik jalan kota Ende, Kabupaten Ende, NTT, Kamis (22/8/2021) seiring penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana menjelaskan, penyekatan itu merupakan uji coba untuk mengetahui teknis penanganan di lapangan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Karena kita sudah PPKM Level 4, mulai hari ini kita uji coba penyekatan. Artinya kita tidak menghambat aktivitas ekonomi, kegiatan ekonomi tetap jalan. Kita perketat prokes saja, yang langgar, kita rapid antigen di tempat,” ujar Andreana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis malam.

Dari hasil tes swab antigen kepada 97 warga yang melintas, ditemukan satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Hari ini kami melakukan rapid test antigen kepada 97 orang warga dan hasilnya ada satu orang atas nama Paulina Mburu asal Nggela dinyatakan positif Covid-19," ungkapnya.

Jika yang bersangkutan masuk kategori berat, maka langsung dibawa ke Stadion Mari Longa untuk dikarantina terpusat.

Namun jika kategori ringan, maka dikarantina secara mandiri di rumah.

Sementara untuk tracing berdasarkan warga yang terpapar akan dilakukan di bawah Dandim 1602 Ende Letkol Inf Nelson Paedo Marpaung.

Ia mengajak masyarakat agar tidak perlu panik mengikuti tes swab karena tes di tempat itu sangat membantu warga mengetahui kondisi kesehatannya.

“Ini cara membantu pemerintah memproteksi kesehatan masyarakat dan meminimalisasi penyebaran virus. Corona ini tidak aib. Jadi kita harapkan selalu taat prokes,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/12/200817678/ppkm-level-4-di-ende-warga-swab-di-tempat-hasilnya-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke