Salin Artikel

Bakal Didatangi Luhut, Walkot dan Bupati di Malang Raya Rapat Bersama

Rapat itu merupakan persiapan untuk menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Rencananya, Luhut akan datang ke Malang pada Jumat (13/8/2021) nanti.

Rapat itu dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto.

Kedatangan Luhut ke Malang menjadi perhatian karena bertujuan untuk meninjau penanganan Covid-19.

Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti mengatakan, rapat tersebut untuk menentukan langkah dalam memaksimalkan penanganan Covid-19.

Menurutnya, masih ada penanganan yang belum maksimal dalam menakan kasus Covid-19.

"Kita sudah berupaya semaksimal mungkin dari hari ke hari sampai dengan sekarang. Tetapi hasilnya masih belum maksimal. Karena itu perlu adanya evaluasi sehingga langkah-langkah atau tindakan yang kita lakukan lebih efektif dan efisien dan tidak berlarut-larut," katanya usai rapat.

Salah satu yang akan ditingkatkan untuk menekan kasus Covid-19 adalah proses tracing ketika ada yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya, tracing di Malang Raya masih belum maksimal. Seharusnya, tracing dilakukan dengan 1 banding 15 atau ketika ada satu orang positif proses tracing hingga menyentuh 15 orang.


Namun, yang berjalan di Kota Malang hanya 1 banding 4.

"Kita sangat lemah di tracing. Keinginan dari WHO atau unsur pimpinan bahwa tracing ini dilakukan 1 banding 15, tapi saat ini di Malang Raya rata-rata masih 1 banding 4. Inilah yang perlu kita tingkatkan dengan memberdayakan unsur yang ada di dalamnya. Di antaranya ada Babinsa, Bhabinkamtibmas, Puskesmas, dan unsur-unsur lain," katanya.

Pihaknya berencana akan mengaktifkan lagi kampung tangguh yang memicu penanganan Covid-19 dari unsur terkecil di dalam masyarakat, yakni lingkup RT.

Diketahui, Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang menjadi sorotan pemerintah pusat.

Melalui keterangan pers yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Malang Raya menjadi prioritas dalam penanganan Covid-19.

Saat ini Malang Raya masih melaksanakan PPKM Level 4 yang diperpanjang sampai 16 Agustus nanti.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/11/225655478/bakal-didatangi-luhut-walkot-dan-bupati-di-malang-raya-rapat-bersama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke