Salin Artikel

PPKM Level 4 Diperpanjang, Wali Kota Blitar: Bagaimana Caranya Masyarakat Bantu Turunkan ke Level 3

Status Level 4 itu masih bertahan hingga kini setelah PPKM diperpanjang untuk kesekian kalinya oleh Pemerintah Pusat.

Wali Kota Blitar Santoso mengakui bahwa status Kota Blitar masih tetap bertahan di Level 4 sejak awal pemberlakuan PPKM Darurat meskipun sejumlah indikator penyebaran Covid-19 dia klaim mulai menurun.

"Kita masih masuk Level 4," ujar Santoso kepada wartawan saat ditanya terkait perpanjangan PPKM, Selasa (10/8/2021).

Minta masyarakat ambil peran

Santoso mengklaim, sebenarnya sudah terjadi penurunan angka penyebaran Covid-19 di Kota Blitar.

"Secara teknis sudah mengalami penurunan tapi harus kita pertahankan (disiplin prokes) bahkan kita tingkatkan supaya nanti bisa turun ke Level 3," ujarnya.

Wali Kota juga mengeluhkan bahwa disiplin menerapkan protokol kesehatan di Kota Blitar masih kurang.

"Bagaimana caranya masyarakat bisa membantu pemerintah (turun ke Level 3), caranya bagaimana, disiplin tertib melaksanakan prokes ini," kata Santoso.

Diakuinya, selama satu pekan terakhir muncul kasus penularan di dua tempat selain dominasi klaster keluarga yang sudah berlangsung cukup lama.

Dua titik penularan itu adalah Kantor Badan Kepegawaian Daerah di Jalan Merdeka dan Pondok Pesantren Nurul Ulum di Jalan Ciliwung.

"Pokoknya kalau ada kasus di kantor karyawannya terpapar kita langsung lockdown. Pondok juga begitu. Yang 22 terpapar itu sudah kita bawa ke rumis (rumah isolasi)," ujarnya.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan, Didik Jumianto, mengatakan bahwa positivity rate selama satu pekan terakhir masih tinggi, yaitu 54,7 persen.

Selama satu pekan terakhir hingga Senin kemarin, terdapat penambahan kasus baru sebanyak 425 sehingga akumulasi kasus menjadi 5.832.

Kasus kematian bertambah 10 sehingga total kematian dengan Covid-19 menjadi 189 atau CFR sebesar 3,24 persen. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/140513878/ppkm-level-4-diperpanjang-wali-kota-blitar-bagaimana-caranya-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke