Salin Artikel

Mencintai Indonesia dengan Ceria di Desa Kartun Sidareja

KOMPAS.com - Desa Kartun Sidareja di Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menjadi ajang kreasi para seniman muda.

Di desa tersebut, para seniman muda mencoba mencurahkan keceriaan anak-anak saat melakukan permainan-permainan tradisional di kanvas dengan seni kartun.

Para seniman mencoba mengajak masyarakat untuk mengenang dan mencintai lagi tradisi dan budaya Indonesia.

"Kami bersama pemuda seni Kie Kartun ingin mengajak para pemuda dan juga masyarakat Indonesia untuk bangga dan juga kembali membangkitkan kecintaan kepada seni tradisi budaya yang telah ditinggalkan oleh nenek moyang kita," ujar penggagas desa kartun Gita Thomdean Yohanna, dilansir dari Tribunjateng.com, Minggu (8/8/2021).

Dengan kartun, kata Gita, cerita legenda, seni tari tradisional bahkan makanan, akan lebih "fresh" jika dikemas dalam bentuk kartun.

Kartun, katanya, juga seakan menjadi mesin waktu untuk kembali mengenang keceriaan di masa lalu.


"Kartun merupakan bahasa paling dekat dengan anak-anak generasi saat ini. Cartoon village tidak hanya menyajikan tempat yang indah saja tapi memberikan edukasi," jelas dia saat ditemui Tribunnews, Jumat (11/9/2020).

Gita pun berharap, para seniman muda di Desa Kartun Sidareja akan lebih banyak menghasillkan karya seiring dengan waktu.

Hal itu akan diwujudkan dengan menggelar Pameran Kie Art Cartoon Paintings yang mengusung tema: Kami Masih Mencintaimu Indonesia.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul: Desa Kartun Pertama di Indonesia, Desa Sidareja Purbalingga Tempatnya Seniman Muda Ditempa

https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/060000478/mencintai-indonesia-dengan-ceria-di-desa-kartun-sidareja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke