Salin Artikel

Sabana di Kawasan Taman Nasional Komodo Terbakar

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang menjelaskan, kebakaran terjadi di bagian barat Pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Pemali.

"Kebakaran sabana terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Humali, sebelah selatan Loh Wenci," jelas Awang melalui sambungan telepon, Sabtu (8/8/2021).

Ia mengaku, belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Awang menegaskan, lokasi kebakaran itu bukan tempat berkembang biaknya komodo.

"Untuk lokasi Laju Pemali dipastikan tidak terdapat hewan komodo, kecuali di lokasi Loh Wencinya," ungkap dia.

Untuk memadamkan api, Awang menurunkan puluhan personel ke lokasi kebakaran tersebut.

Sementara itu, dikutip dari Antara, Lukita Awang mengaku menerjunkan 41 ranger Balai Taman Nasional Komodo ke lokasi. Menurutnya, cuaca di lokasi kebakaran cukup panas pada siang hari.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Awang menambahkan, luas lahan yang terbakar di Laju Pemali sekitar 10 hektare.

"Api sudah bisa dipadamkan," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo meninjau lokasi kebakaran bersama Danlanal Labuan Bajo dan Pabung 1612/Manggarai sekitar pukul 23.07 Wita.


Wibowo mengatakan, tim gabungan dari Polres Manggarai Barat, Kompi 4 Brimob Labuan Bajo, Lanal Labuan Bajo, Kodim 1612/Manggarai dan jajaran Pemda Manggarai Barat terjun langsung ke lokasi kebakaran.

"Api berhasil dipadamkan tadi malam. Hasil pantauan kami, seluruh fasilitas dalam kondisi aman. Begitu juga dengan Komodo. Semuanya aman ," kata Kapolres Wibowo kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu sore.

Ia mengungkapkan, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan dan patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo pada Sabtu malam.

"Sampai pukul 01.30 Wita, tidak ditemukan titik api dan kami juga sudah melakukan pemeriksaan serta patroli keliling di wilayah perairan laut Taman Nasional Komodo, baik di wilayah selatan maupun timur itu sudah kami lihat dan tidak ada titik api yang kami temukan," ungkap Wibowo.

Sampai saat ini, Balai Taman Nasional Komodo dan polisi belum mengetahui penyebab kebakaran sabana di lokasi tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/08/153145078/sabana-di-kawasan-taman-nasional-komodo-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke