Salin Artikel

BMKG: Tidak Terdeteksi Potensi Badai Tropis di Wilayah NTT

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, saat ini tidak terdeteksi potensi badai tropis di wilayah selatan Indonesia maupun di sekitar Australia.

"Sehingga masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak memercayai isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan tersebut," ujar Guswanto, dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/8/2021) pagi.

Menurut Guswanto, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terbaru, teridentifikasi adanya pola pusat tekanan tinggi di wilayah benua Australia bagian selatan dengan tekanan udara hingga mencapai 1034 mb.

Keberadaan pusat tekanan tinggi di wilayah tersebut memicu peningkatan kecepatan angin di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di Indonesia bagian selatan ekuator termasuk wilayah NTT.

Dia menyebut, kondisi dinamika atmosfer tersebut dapat memberikan dampak yang cukup signifikan pada timbulnya angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah perairan di sekitar NTT.

"Perlu diperhatikan, angin kencang yang terjadi saat ini bukan badai atau siklon, sebagaimana Siklon Tropis Seroja yang terjadi di NTT, awal April lalu. Angin kencang yang saat ini terjadi di wilayah NTT masih dapat terjadi hingga beberapa hari ke depan," ujarnya.

Dia mengatakan, BMKG, baik di kantor pusat maupun UPT daerah di seluruh Indonesia terus memantau kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

"Tentunya BMKG menginformasikannya melalui berbagai kanal informasi soal cuaca," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/07/093103578/bmkg-tidak-terdeteksi-potensi-badai-tropis-di-wilayah-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke