Salin Artikel

Sebelum Meninggal karena Covid-19 Bersama Sang Istri, Ayah Vino Menitipkan Bocah Itu kepada Pamannya

SRAGEN, KOMPAS.com - Alviano Dava Raharjo atau Vino (8), bocah yang kehilangan kedua orangtuanya karena Covid-19 sudah tiba di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Senin (2/8/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.

Vino dijemput kakeknya Yatin (59) di Kampung Linggang Purworejo, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, Jumat (30/7/2021).

Yatin yang tak lain ayah dari sang ibu, Lina Safitri (31) berangkat ke Kabupaten Kutai Barat dengan didampingi petugas dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Paman Vino, Joko Widodo mengatakan, keluarga merasa senang dan bahagia Vino kembali ke Sragen. Vino yang tiba di Sragen pada Senin sore itu tidak langsung pulang ke rumahnya maupun kakeknya.

Tetapi, menginap di sebuah hotel. Baru keesokan harinya dilakukan serah terima dari Pemkab Sragen kepada keluarga.

"Vino tiba di Sragen hari Senin jam 5 sore. Vino dijemput sama kakeknya Yatin," kata Paman Vino, Joko Widodo dihubungi Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Penjemputan Vino ke Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur merupakan wasiat dari almarhum ayahnya, Kino Raharjo (31). Kino merupakan adik ipar Joko.

Kino yang sedang dirawat di rumah sakit sempat menghubungi Joko melalui sambungan telepon agar bisa merawat dan membesarkan Vino.

"Jam 11 siang itu dulu almarhum bapaknya telepon ke saya mungkin karena drop istrinya baru dimakamkan. Pokoknya nitip kedua orangtuanya dan Vino tolong dirawat gitu," ungkap Joko.

Joko mengatakan berkeinginan merawat dan membesarkan Vino karena wasiat almarhum ayahnya.

Namun demikian, Joko menyerahkan sepenuhnya pilihan itu kepada Vino mau tinggal bersama kakeknya atau dirinya.

"(Vino) nanti sama saya. Jadi anak saya. Tapi dari pihak Dinas Sosial nanti biarlah anak yang memilih. Jadi keluarga sini (keluarga dari almarhum ayahnya) dan keluarga sana (keluarga dari almarhumah ibunya) sudah menginformasi biarlah anak yang menentukan," terang Joko.

"Kalau amanah suruh rawat saya. Nanti nyamannya Vino seandainya di tempat Mbahnya nggih monggo. Nyamannya di tempat Pakdenya monggo," sambung dia.

Joko mengungkap dalam situasi berduka keponakannya yang duduk di bangku kelas tiga Sekolah Dasar (SD) terlihat sangat tegar.

Bahkan, Vino ingin mengajak Joko ke makam kedua orangtuanya di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

"Kemarin saya ke hotel nemuin Vino pengin jajan es krim sama anak saya. Kebetulan dia dekat anak saya 'mas ayo beli es krim' gitu. Terus bilang 'pakde-pakde nanti ke Kalimantan nengokin kuburan mama sama papa'. Iya nanti ke sana bareng-bareng sama Mbah," kata Joko.

Sebelumnya diberitakan, orangtua Vino, Kino Raharjo (31) dan Lina Safitri (31) meninggal saat menjalani perawatan insentif karena terjangkit Covid-19 di Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar, Kutai Barat.

Lina meninggal dalam kondisi hamil lima bulan, pada Senin (19/7/2021). Sehari kemudian, disusul suaminya, Kino.

Lina memiliki riwayat asma, sementara Kino punya riwayat tipus. Saat terjangkit Covid-19 kondisi pasangan ini terus menurun hingga dibawa ke rumah sakit.

Saat itu keduanya terpisah dengan Vino yang isolasi mandiri di rumah. Di rumah sakit, kondisi kesehatan pasangan suami istri itu terus menurun hingga meninggal dunia.

Paman Vino, Margono menjelaskan, adiknya Kino merantau ke Kutai Barat sejak 2012. Di Kutai Barat ia menjual pentol untuk kebutuhan keluarganya.

Kino sempat mengalami sakit akhir Juni. Keluarga mengira penyakit tipusnya kambuh.

Namun berganti hari sakit Kino tak kunjung sembuh. Ia bahkan sempat jualan pentol hingga kehujanan.

Belakangan Kino diketahui positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan di klinik dekat tempat tinggalnya. Setelah dari klinik ia sempat isolasi mandiri.

Tetapi, kondisi kesehatannya terus menurun hingga dijemput pihak rumah sakit.

Sang istri yang lagi hamil juga positif Covid-19 setelah memeriksa diri di puskesmas.

Oleh puskesmas disarankan isolasi di rumah sakit agar dalam pantauan dokter kandungan. Namun, keduanya meninggal di rumah sakit hanya selang sehari.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/060500378/sebelum-meninggal-karena-covid-19-bersama-sang-istri-ayah-vino-menitipkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke