Salin Artikel

Sosok Kopengga Enumbi, Anggota KKB yang Ditembak Mati, Terlibat Perampasan Senjata hingga Suplai Logistik KKB

Siapakah sosok Kopengga Enumbi?

Terlibat dalam perampasan senjata api

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menyebutkan, Kopengga Enumbi sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 2014.

Dia terlibat dalam kasus perampasan senjata.

"Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi merupakan DPO Polres Puncak Jaya LP/Berkas/02-K/I/2014/SPKT atas kasus pencurian dengan kekerasan perampasan delapan senjata Pospol Kulirik di Pospol Kulirik Kabupaten Puncak Jaya pada 4 Januari 2014 dan masuk DPO/82/XII/2018/Ditreskrimum Polda Papua sejak 5 Desember 201," kata Kamal melalui keterangan tertulis, Selasa.


Tugas memenuhi kebutuhan logistik

Kopengga diketahui merupakan anggota yang memiliki peran penting di KKB pimpinan Lekagak Telenggen. Dia juga adik kandung dari Lerimayu Enumbi.

Kopengga Enumbi merupakan penyuplai logistik KKB.

"Selama ini, Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen," ujarnya.

Melawan saat ditangkap

Peristiwa penembakan terjadi di Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (3/8/2021).

Kamal mengatakan, satgas sudah berusaha menangkap Kopengga Enumbi hidup-hidup, namun ia memberikan perlawanan ketika hendak ditangkap.

"Saat dilakukannya penindakan, terdapat perlawan dari pelaku sehingga personel mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia di tempat," kata dia.

Kini, jenazah Kopengga Enumbi telah berada di RSUD Mulia, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

(KOMPAS.COM/Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/04/103423678/sosok-kopengga-enumbi-anggota-kkb-yang-ditembak-mati-terlibat-perampasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke