Salin Artikel

Kapolri: Vaksinasi untuk Menurunkan Level dan Kebebasan Beraktivitas

Listyo mengingatkan agar semua pihak bekerja sama mengakselerasi vaksinasi dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona di daerah.

"Salah satu strategi untuk menghadapi Covid-19 adalah kegiatan vaksinasi. Di wilayah Bogor sebagai penyangga Ibukota sangat penting untuk segera digarap dengan cepat, karena angka saya lihat masih di angka sekitar 16 persen, sehingga butuh akselerasi," kata Listyo didampingi Rektor IPB Arif Satria dan Bupati Bogor Ade Yasin, Selasa.

"Kita harapkan dengan memanfaatkan hari kemerdekaan ini, maka percepatan vaksinasi bisa dilaksanakan," kata dia.

Listyo mengatakan, jumlah kasus Covid-19 saat ini masih cukup tinggi, walaupun sudah ada penurunan secara nasional.

Untuk itu, ia menegaskan bahwa masih perlu kerja keras dan percepatan vaksinasi supaya semua daerah di Indonesia terbebas dari pandemi.

Listyo berharap masyarakat tidak lagi takut untuk divaksin.

Sebab, vaksin yang digunakan sudah dipastikan aman.

"Vaksinasi ini untuk meningkatkan imunitas, kekebalan tubuh saudara dalam menghadapi pandemi. Maka jangan ragu-ragu, karena di semua negara juga melaksanakan itu. Bagi warga kita yang masih ragu-ragu, saya ingatkan ini demi keselamatan kita semua," ujar Listyo.

Kendati demikian, ia juga meminta warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Hal itu dilakukan sebagai strategi mencegah potensi tertular dan menularkan.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua, jika kita bisa bekerja sama dengan baik, patuh terhadap prokes dan vaksinasi dipercepat, tentunya bisa dilaksanakan asesmen untuk menurunkan level, sehingga akan ada fleksibilitas untuk kegiatan masyarakat dan ini dampaknya kegiatan ekonomi bisa kembali meningkat," kata Listyo.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak semua pihak dari organisasi kepemudaan, aliansi BEM, ormas maupun komunitas untuk bekerja sama mempercepat program vaksinasi pemerintah.

"Disiplin memakai masker, ikut vaksinasi, bagi yang belum, ayo kita berbondong-bondong ke tempat tempat yang sudah disiapkan," kata dia.


Sementara itu, Rektor IPB University Arif Satria menyampaikan bahwa kunjungan Kapolri adalah suatu hal yang penting.

Sebab, hal itu menjadi momentum untuk percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bogor.

Seperti diketahui, target vaksinasi yang digelar di IPB University tersebut adalah masyarakat umum, mahasiswa IPB, dan Granita (pegawai IPB).

Adapun stok vaksin yang disediakan dalam kegiatan hari ini sebanyak 5.000 dosis dari stok vaksin Polri, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dan IPB.

Selain itu, ada pembagian 2.000 paket bansos kepada masyarakat umum yang terdampak pandemi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/04/064952678/kapolri-vaksinasi-untuk-menurunkan-level-dan-kebebasan-beraktivitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke