Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Catatan Emas Greysia Polii/Apriyani Rahayu | Polemik Sumbangan Rp 2 T Akidi Tio

KOMPAS.com - Berita soal donasi sebesar Rp 2 triliun dari Akidi Tio menjadi sorotan di hari kemarin.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumatera Selatan Supriadi mengatakan, pencarian dana tersebut akan menggunakan bilyet giro.

Sementara itu, berita gembira pasangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang menyabet medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020 juga menyita perhatian pembaca Kompas.com.

Masyarakat Indonesia mengapresiasi perjuangan keras kedua atlet tersebut.  

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

Supriadi mengatakan, dana Rp 2 triliun untuk warga terdampak Covid-19 di Sumsel direncanakan cair, Senin (2/8/2021).

Pencairan dana tersebut dengan menggunakan bilyet giro Bank Mandiri pukul 14.00 WIB.

Supriadi bantah sumbangan itu hanya sekedar prank, seperti yang akhir-akhir ini ramai diberitakan.

"Tidak ada prank. Pada hari ini, ibu Heriyanti kita undang ke Polda. Perlu digarisbawahi, kita undang bukan kita tangkap. Kita undang untuk datang ke Polda untuk memberikan klarifikasi terkait penyerahan dana Rp 2 triliun melalui bilyet giro," kata Supriadi saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, di Mapolda Sumsel, Senin (2/8/2021).

Kesuksesan pasangan Greysia dan Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Indonesia.

Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut pun sudah menyiapkan hadiah berupa sebidang tanah bagi Greysia.

"Menang atau kalah hadiah akan tetap diberikan kepada Greysia Polii," ucapnya di akun Facebook miliknya, Minggu (1/8/2021).

Isak tangis luruh di rumah duka almarhum di kawasan Galunggung, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin pagi (2/8/2021).

Upacara pelepasan jenazah almarhum turut dihadiri ratusan tamu baik para pejebat pemkab Seram Bagian Barat, ASN maupun para anggota DPRD, serta keluarga dan para kerabat.

Ketua DPRD Seram Bagian Barat Abdul Rasyid Lisaholet dan sejumlah pengurus DPD Partai Hanura Maluku dan kabupaten kota tampak tak kuasa menahan tangis saat melepas jenazah.

“Mewakili DPRD dan seluruh masyarakat Seram Bagian Barat saya menyampaikan rasa duka yang sangat dalam atas meninggalnya bapak tercinta Bupati Muhamad Yasin Payapo,” kata Rasyid sambil menangis.

Donasi untuk Vino, bocah yatim piatu yang kehilangan kedua ayah ibu karena Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur (Kaltim) tembus ratusan juta rupiah.

Hal itu disampiakan Ketua Tim Penggalangan Donasi dari Karang Taruna Margo Mulyo, Mistari.

"Donasi yang terkumpul melalui rekening atas nama Karang Taruna Margo Mulyo berjumlah Rp 234.040.028. Sudah kami serahkan langsung ke nenek Vino," ungkap Mistari saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Atlet angkat besi asal Aceh, Nurul Akmal, berhasil tembus final di kelas 87 kilogram.

Keberhasilan Nurul tentu saja mendapatkan dukungan berbagai pihak, terutama untuk mendulang emas tambahan bagi Indonesia dalam ajang olahraga bergengsi tersebut.

Perjuangan putri dari seorang petani di Desa Serba Jaman Tunong, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, itu tak mudah.

"Nurul Akmal awalnya ditemukan oleh perwakilan kami pertama saat dia sedang mengangkut padi, karena dilihat ada potensi dan ada kemauan dia dilatih dan dibina di Diklat Tunas Bangsa, seluruh biaya ditanggung Dispora Aceh," kata Effendi Eria, pelatih angkat besi Aceh saat dihubungi Kompas.com, Senin (02/08/2021).

(Penulis: Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty, Kontributor Samarinda, Zakarias Demon Daton, Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar | Editor: Aprillia Ika, Teuku Muhammad Valdy Arief, Phytag Kurniati, Reza Kurnia Darmawan)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/03/060700878/-populer-nusantara-catatan-emas-greysia-polii-apriyani-rahayu-polemik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke