Salin Artikel

Sejumlah Universitas di Malang Raya Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Masyarakat Umum

Di Universitas Brawijaya (UB), vaksinasi tahap pertama berlangsung pada Sabtu (31/7/2021). Vaksinasi itu digelar dengan kuota 300 orang untuk masyarakat Kabupaten Malang.

Vaksinasi berlangsung di Rusunawa UB Kampus Dieng.

"Tingkat vaksinasi di Malang Raya masih tergolong cukup rendah, hingga akhir Juni kemarin baru 3,08 persen untuk Kabupaten Malang. Ini mendorong saya dan tim Satgas Covid-19 IKA UB Malang untuk bergerak mengajak seluruh keluarga besar UB dalam giat vaksinasi gotong royong ini," kata Wakil Ketua Satgas Covid-19 IKA UB Malang, Syamsul Hadi melalui keterangan tertulis.

Syamsul mengatakan, vaksinasi itu menyasar masyarakat umum yang tinggal di Kabupaten Malang. Merek vaksin yang disuntikkan adalah AstraZaneca.

Masyarakat yang divaksin sudah melalui pendaftaran dan proses screening secara online. Hanya masyarakat yang sudah mendaftar dan melalui proses screening yang boleh datang ke lokasi vaksinasi.

"Ini merupakan upaya untuk menghindari kerumunan dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Syarat penerima vaksin ini harus dalam keadaan sehat atau warga yang memiliki surat rekomendasi vaksin dari dokter, berusia di atas 18 tahun," jelasnya.

Penyuntikan vaksin di Kampus UB dilakukan oleh tim tenaga kesehatan dari klinik UB, tim dokter dari Rumah Sakit UB, dan Fakultas Kesehatan UB serta relawan karang taruna Kampung Cempluk dan kampung lingkar kampus UB.

Sedangkan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) vaksinasi digelar di Dome Kampus UMM pada Sabtu dan Minggu (1/8/2021).

Rektor UMM, Dr Fauzan mengatakan, vaksinasi di UMM sebagai bentuk dukungan akselerasi penyuntikan vaksin oleh pemerintah.

"Kami juga sempat bekerja sama dengan Kodim dan Pemda untuk melaksanakan vaksinasi massal beberapa minggu lalu. Tentu ini adalah bentuk ikhtiar dan pengabdian kami demi kebaikan bersama," katanya melalui keterangan tertulis, Sabtu.


Fauzan mengatakan, selain vaksinasi, pihaknya juga memiliki berbagai program untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Koordinator lapangan vaksinasi UMM, Zakarija Achmat mengatakan, vaksinasi kali ini menyediakan 5.000 dosis vaksin dengan sasaran pegawai, akademisi, dan keluarga besar UMM, serta masyarakat umum.

"Harapannya vaksinasi yang dilaksanakan oleh UMM ini mampu berkontribusi dan menekan angka penularan Covid-19 di masyarakat luas," katanya.

Selain UB dan UMM, kampus lainnya di Malang Raya rencananya menggelar vaksinasi massal. Seperti Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki), dan Universitas Islam Malang (Unisma).

https://regional.kompas.com/read/2021/08/01/123733078/sejumlah-universitas-di-malang-raya-gelar-vaksinasi-covid-19-massal-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke