Salin Artikel

Kata Polisi soal Foto Viral Kerumunan Pendaftaran Vaksinasi di Mapolresta Banyumas

Bahkan dalam video dan foto yang banyak beredar di media sosial (medsos), antrean tersebut menyebabkan kemacetan di Jalan Letjen Pol Soemarto , depan Mapolresta Purwokerto.

Beberapa warganet juga menyayangkan kegiatan tersebut, karena justru menimbulkan kerumunan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyatakat (PPKM) level 4.

Menanggapi peristiwa tersebut, Kasatagas 7 Polresta Banyumas AKP R Manggala Agung mengatakan, pimpinan telah melakukan penguatan personel untuk mengatur proses pendaftaran.

"Tapi berjalan di luar dugaan dan perkiraan kita. Masyarakat hadir jauh sebelum pelaksanaan, pelaksanaan pukul 15.00 WIB, masyarakat 1,5 jam sebelumnya sudah hadir, jadi terjadi penumpukan," kata dia, Jumat malam.

Selain itu, menurut dia, kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan juga rendah.

"Semua berebut ingin mendahului. Kita sudah semaksimal mungkin mengimbau," ujar dia.

Selain di Mapolresta Banyumas, pendaftatan juga dibuka di seluruh polsek.


Lebih lanjut dia mengatakan, Polresta tidak menggunakan sistem pendaftaraan online. Pertimbangannya, tidak semua masyarakat memahami teknologi.

"Kalau diterapkan aplikasi apakah ada jaminan semua masyarakat memahami aplikasi? Bagaimana yang kaum kaum tua dan gaptek (gagap teknologi)? Pimpinan mengutamakan asas keadilan di sini," jelas dia.

Terkait kuota vaksin yang disediakan, kata dia, hanya sedikit sehingga dalam waktu singkat habis.

Rencananya vaksinasi akan digelar Sabtu (31/7/2021) dengan kuota sebanyak 4.000 dosis.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/30/223001178/kata-polisi-soal-foto-viral-kerumunan-pendaftaran-vaksinasi-di-mapolresta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke