Salin Artikel

Rentan Terpapar Covid-19, 13.800 Napi di Jawa Tengah Jalani Vaksinasi

SEMARANG, KOMPAS.com - Narapidana atau warga binaan di lingkungan lembaga pemasyarakatan (lapas) Jawa Tengah mulai disuntik vaksin Covid-19 pada Rabu (28/7/2021).

Total ada sebanyak 13.800 warga binaan yang akan disuntik vaksin di area lapas bekerjasama dengan TNI dan Polri.

Di Lapas Kelas 1 A Kedungpane, Kota Semarang, ada 1.500 napi yang menjalani vaksinasi selama dua hari yaitu, tanggal 28 dan 29 Juli 2021.

"1.500 warga binaan divaksin dua hari ini, nanti dilanjut vaksinasi di lapas perempuan dikoordinasi oleh Polda Jateng. Mudah mudahan berjalan lancar dan wilayah lain nanti ada Ambarawa, Brebes, Pekalongan, Sragen, Kudus, Boyolali, Demak, Pati hingga semuanya. Itu kerja sama Kodim dan Polres," jelas Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Yuspahruddin kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Yuspahruddin mengatakan, protokol kesehatan (prokes) sudah diupayakan di area lapas untuk mencegah terpapar Covid-19.

Namun, untuk jaga jarak dirasa cukup sulit karena kondisi lapas overload atau kelebihan kapasitas.

"Kenapa vaksinasi warga binaan inisiatif semangat dilaksakan? Untuk protokol kesehatan. Memakai masker, masker, cuci tangan kita siapkan, tapi ketika jaga jarak, tidak bisa dilaksanakan. Karena sudah over kapasitas. Di lapas Semarang ini harusnya 600 orang sekarang diisi 1.600 orang," jelasnya.

Untuk itu, pelaksanaan vaksinasi warga binaan di lapas ini diharapkan dapat mengantisipasi penularan Covid-19.

"Jadi dengan dilaksanakan vaksinasi mudah-mudahan warga binaan di seluruh lapas nanti akan terselamatkan dan terjaga kesehatannya terhadap terpaparnya Covid-19," ucapnya.

Salah satu warga binaan di Lapas Kedungpane Semarang, Abdul Kholik sempat merasa khawatir dengan adanya pandemi.

Namun, kini ia mengaku lega setelah mengikuti vaksinasi.

"Sudah lega setelah disuntik, ini belum ada efek (pascapenyuntikan). Ya (Covid-19) takut pasti tapi enggak berlebihan. Merasa aman saja setelah divaksin," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/29/074906078/rentan-terpapar-covid-19-13800-napi-di-jawa-tengah-jalani-vaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke