Salin Artikel

Stok Plasma Darah Konvalesen Terbatas, Warga Sumedang Disarankan Bawa Donor Sendiri

Untuk itu, bagi warga yang akan melakukan terapi, disarankan membawa donor sendiri.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri mengatakan, selama pandemi ini, permintaan plasma darah konvalesen cukup tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan di RSUD Sumedang, Satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang berkoordinasi dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang.

Namun, karena stok darah di bank darah RSUD Sumedang terbatas, diprioritaskan untuk mendahulukan pasien dengan tindakan darurat saja.

"Karena stoknya memang terbatas, kami menyarankan keluarga pasien membawa donor sendiri atau harus membawa donor pengganti," ujar Iwa kepada Kompas.com di Sumedang, Rabu (28/7/2021).

Iwa menuturkan, terapi plasma darah konvalesen sendiri sudah dilakukan untuk pasien Covid-19 di RSUD Sumedang.

"Hanya saja, terapi ini tidak rutin dilakukan kesulitan mencari donor dan stok plasma yang terbatas. Selain itu, karena masalah biaya yang tidak ditanggung, di mana untuk 1 unit plasma perlu biaya sekitar Rp 2 juta, belum termasuk biaya pengiriman," tutur Iwa.

Iwa menyebutkan, stok plasma darah konvalesen biasanya didapat di UDD PMI Kota Bandung dan Kota Cirebon.

Iwa menambahkan, bagi keluarga pasien yang akan melakukan terapi plasma darah konvalesen, bisa membawa penderma dengan syarat pernah terpapar Covid-19.

"Untuk kriterianya, bagi penyintas telah dinyatakan sembuh 2/3 bulan dengan hasil tes rapid antigen negatif, surat keterangan dokter telah sembuh dari Covid-19, berat badan lebih dari 55 kilogram, dan diutamakan pria. Apabila wanita, belum pernah hamil," kata Iwa.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/163814278/stok-plasma-darah-konvalesen-terbatas-warga-sumedang-disarankan-bawa-donor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke