Salin Artikel

Ini 2 Langkah Sultan HB X Atasi Pandemi Covid-19 di Yogya...

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau pelaksanaan vaksinasi dan berpesan bahwa vaksinasi adalah langkah strategis untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

"Vaksin ini paling strategis untuk mengurangi mereka yang positif. Karena dari hasil studi dari DKI yang tidak melakukan vaksin pertama atau vaksin kedua akan berbeda (tingkat paparannya)," kata Sultan HB X saat meninjau vaksinasi yang dilakukan Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) bersama Korem 072/Pamungkas di Kagungan Dalem Bangsal Sasono Hinggil Alun-Alun Selatan Kraton Yogyakarta, Selasa (27/7/2021).

Vaksin tersebut dilakukan pada tanggal 27 hingga 1 Agustus 2021. Vaksinasi Covid-19 terbuka bagi masyarakat termasuk warga yang memiliki KTP di luar DI Yogyakarta, baik itu anak-anak usia 12-18 tahun hingga dewasa.

Sultan mengatakan, selain langkah vaksinasi yang digencarkan Pemerintah DI Yogyakarta juga berupaya memindahkan pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah ke shelter yang ada di DIY.

"Kami konsentrasi di situ (vaksinasi) dan memindahkan pasien positif yang isoman harus dipindah ke shelter, yang terpusat sudah disediakan," kata dia.

Menurut Sultan, ketika menjalani isolasi mandiri pasien banyak yang tidak terkontrol dengan baik, sehingga mengakibatkan kondisi pasien memburuk.

"Ketika dirujuk ke rumah sakit dalam kondisi yang memang tidak memungkinkan. Kita konsentrasi di situ diperbanyak vaksin.  Isoman kita minta pindah ke isolasi dengan fasilitas yang ada," ujarnya. 

Sementara itu, Permaisuri Kraton Yogyakarta, GKR (Gusti Kanjeng Ratu) Hemas dalam keterangan tertulis menjelaskan, semakin banyak warga yang mendapatkan vaksinasi maka herd immunity akan tercipta. Dengan harapan penyebaran covid dapat segera teratasi.

Hemas juga berpesan supaya seluruh komponen bangsa yang memiliki potensi mendapatkan vaksin untuk membantu percepatan vaksinasi pemerintah.

"Saatnya rasa cinta tanah air dan bela negara diwujudkan dalam semangat gotong royong memassifkan program vaksinasi bagi masyarakat luas," katanya. 

Vaksinasi yang digelar selama 5 hari ini ditargetkan dapat memvaksin 5 ribu peserta.

Setelah vaksin di Sasono Hinggil  vaksinasi GKR Indonesia ini akan dilanjutkan secara bertahap di kapanewon (kecamatan) dan kalurahan mulai bulan Agustus 2021 mendatang.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/27/194455978/ini-2-langkah-sultan-hb-x-atasi-pandemi-covid-19-di-yogya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke