Salin Artikel

Vaksinasi Dosis Kedua Belum Capai 10 Persen, Ini Kata Wakil Bupati Banyumas

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, hingga saat ini belum mencapai 10 persen.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan, dari target sebanyak 1,3 juta penduduk, saat ini yang telah divaskin baru 167.000 orang.

Dari jumlah tersebut, yang telah mendapatkan dua dosis vaksin baru sekitar 112.000 orang.

"Yang sudah vaksin dosis kedua belum ada 10 persen. Setiap hari kami merengek minta (tambahan) vaksin," kata Sadewo di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Senin (26/7/2021).

Menurut Sadewo, pemkab masih terus berusaha mendapatkan tambahan alokasi vaksin. Pasalnya, antusiasme warga untuk divaksin sangat tinggi.

Hingga saat ini di Banyumas total baru mendapatkan sekitar 277.000 dosis.

"Karena jalan satu-satunya (untuk mengendalikan Covid-19) dengan vaksinasi untuk menciptakan herd immunity," ujar Sadewo.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi terlihat di UMP. Pendaftaran vaksinasi yang dibuka melalui online untuk 5.000 orang ludes dalam waktu kurang dari 10 jam.

"Kami berinisiatif melakukan vaksinasi, karena informasi yang kami terima capaian vaksinasi di Banyumas belum terlalu tinggi," kata Rektor UMP Dr Jebul Suroso.

Vaksinasi yang akan digelar UMP pada akhir Agustus mendatang diperuntukkan bagi masyarakat umum dan lintas iman.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/26/192000878/vaksinasi-dosis-kedua-belum-capai-10-persen-ini-kata-wakil-bupati-banyumas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke